RADAR JOGJA – Pemerintah Kabupaten Kulonprogo melalui dinas pariwisata kini tengah menggenjot potensi di sisi selatan wilayah tersebut. Salah satunya dengan pengembangan wisata glamour camping (gamping) dan kuliner di Bukit Wisata Cubung yang berada di Kalurahan Jatirejo, Kapanewon Lendah.

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo Joko Mursito mengatakan, adanya pengembangan di wilayah Bukit Cubung merupakan salah satu upaya dari pihaknya untuk meningkatkan potensi di sisi selatan Kulonprogo. Serta, menjadi salah satu cara menambah pendapatan masyarakat sekitar dari sektor pariwisata.

Adapun bentuk pengembangannya, lanjut Joko, yakni berupa pembangunan destinasi wisata glamping dan pusat kuliner di wilayah Kalurahan Jatirejo dan sekitarnya. Dalam prosesnya, Dinas Pariwisata Kulonprogo juga akan memberikan pendampingan kepada masyarakat melalui kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Jatirejo yang sudah sekian lama terbentuk.

“Untuk tema di Bukit Wisata Cubung nantinya glamour camping dan kuliner. Harapannya bisa menjadi destinasi wisata baru di sisi selatan Kulonprogo,” ujar Joko disela kegiatan Fasilitasi Pengembangan Wisata Bukit Cubung yang digelar pada Selasa (16/11) lalu.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengapresiasi langkah dari masyarakat Jatirejo melalui BUMDes-nya dalam upaya pengembangan wisata di Bukit Cubung. Khususnya dalam memaksimalkan potensi keindahan alam di kawasan tersebut untuk dijadikan sebagai destinasi wisata.

Ia pun berharap agar langkah-langkah yang dilakukan BUMDES Jatirejo bisa menjadi contoh bagi unit usaha lain di Kapanewon Lendah. Sehingga harapannya setiap desa atau kalurahan di wilayah tersebut bisa lebih mandiri.
“Saya sangat menghormati serta mengapresiasi BUMDes Jatirejo yang punya program untuk mendayagunakan potensi alam di Bukit Cubung untuk bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ucap Sutedjo.

Sementara itu, Panewu Lendah Sutrisna berharap agar kedepannya Bukit Cubung bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang ada di Kulonprogo. Agar nantinya bisa membantu kesejahteraan masyarakat di Kalurahan Jatirejo.

“Mari bersama-sama membulatkan tekad dan semangat untuk bisa gotong royong memaksimalkan wisata di Bukit Cubung agar banyak orang hadir di kawasan ini,” ujar Sutrisna. (inu/bah)

Kulonprogo