RADAR JOGJA – Setelah cukup lama dibiarkan dengan kondisi memprihatinkan, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Bugel di Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulonprogo akhirnya mendapat perhatian. Dalam waktu dekat, instasi terkait bakal merenovasi lokasi jual beli ikan bagi nelayan tersebut.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pengelolaan Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo, Wahid Purwo mengatakan, pihaknya telah mengajukan rencana anggaran biaya (RAB) untuk renovasi TPI Pantai Bugel sekitar Rp 150 juta. Dimana anggaran sebesar itu nantinya akan dialokasikan untuk perbaikan fisik bangunan dan fasilitas pendukungnya.

Menurut Wahyu, TPI Bugel memang sudah seharusnya dilakukan perbaikan karena sudah hampir 20 tahun tempat jual bel ikan yang berada di Kapanewon Panjatan itu tidak mendapat perhatian. Dengan adanya perbaikan, lanjutnya, selain bisa mempercantik fisik bangunan, harapannya juga dapat menarik minat wisatawan untuk datang ke lokasi tersebut.

Wahyu menyampaikan bahwa rencana perbaikan nantinya juga tidak hanya menyasar fisik bangunan TPI saja. Namun , juga fasilitas pendukung seperti jalan menuju ke TPI Pantai Bugel. Sehingga harapannya bisa mempermudah akses nelayan maupun wisatawan untuk menuju lokasi tersebut.

“Dengan kondisi bangunan yang lebih baik setelah direnovasi, kami berharap TPI Pantai Bugel nantinya bisa menarik kunjungan wisatawan yang sekaligus berbelanja ikan segar hasil tangkapan para nelayan. Sehingga ekonomi para nelayan Pantai Bugel makin terdongkrak,” ujar Wahyu saat dikonfirmasi wartawan, Senin (18/10).

Disisi lain, Ketua Komisi II DPRD Kulonprogo menyatakan bangunan TPI Pantai Bugel memang sudah sepatutnya dilakukan renovasi. Sebab, dari hasil pengawasan legislatif ditemukan beberapa titik bangunan TPI telah mengalami kerusakan.

Politisi PAN itu pun menegaskan bahwa pihaknya akan berupaya mendorong kucuran dana dari pemerintah agar renovasi TPI Pantai Bugel bisa disegerakan. Salah satunya mendapat dana perbaikan TPI melalui dana APBD Perubahan 2021.

“Kami akan segera sampaikan ke pembahasan anggaran terkait kebutuhan renovasi TPI Pantai Bugel. Sebab lokasi tersebut memang harus segera direnovasi,” ungkap Priyo. (inu)

Kulonprogo