RADAR JOGJA – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo mencatat sudah sebanyak 70 persen siswa sekolah di wilayah tersebut yang telah menjalani vaksin Covid-19 dosis pertama. Partisipasi anak sekolah untuk mengikuti kegiatan vaksinasi pun cukup tinggi.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan, capaian vaksinasi bagi siswa sekolah terbilang cukup tinggi dengan persentase capaian sebesar 70 persen. Sebagian besar sekolah di wilayah tersebut pun juga telah menyelesaikan vaksinasi bagi para siswanya.

Dari puluhan sekolah yang tersebar di 12 kapanewon di Kulonprogo, Baning mengungkapkan bahwa pihaknya tinggal menyelesaikan vaksinasi bagi siswa di Kapanewon Wates. Belum selesainya vaksinasi bagi siswa di kapanewon tersebut karena cukup banyaknya jumlah sekolah. “Wilayah Wates yang paling banyak belum selesai karena jumlah sekolah yang cukup banyak,” ujar Baning, Rabu (1/9).

Dengan banyaknya jumlah sekolah tersebut, ia mengaku juga cukup kesulitan dalam hal penjadwalan petugas tenaga vaksinasi bagi siswa. Sebab untuk saat ini banyak dari tenaga kesehatan di Kulonprogo yang juga melakukan percepatan vaksinasi di berbagai tempat.

Kemudian untuk tingkat partisipasi siswa sekolah dalam kegiatan vaksinasi di Kulonprogo, Sekertaris Dinas Kesehatan Kulonprogo itu menyebut bahwa angkanya cukup tinggi dengan tingkat partisipasi untuk vaksinasi sebesar 90 persen. Sementara sisanya tidak datang karena alasan dan kondisi tertentu.

“Untuk yang tidak datang biasanya karena sakit, kedepan yang tidak datang akan kami lakukan sweeping supaya tetap menerima vaksin,” imbuh Baning.

Terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kulonprogo Rina Nuryati mengungkapkan bahwa untuk data vaksinasi  jenjang SLTA sasarannya diketahui sebanyak 16.195 siswa, dari jumlah tersebut sebanyak 9.880 siswa telah tervaksin. Sementara untuk jenjang SMP diketahui ada 9.387 siswa yang sudah menjalani vaksin dari 16.736 sasaran.  (inu/bah)

 

Kulonprogo