RADAR JOGJA- Hari Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia,yang diperingati setiap tanggal 1 September, jajaran Polres Kulonprogo memperingatinya dengan berbagai kegiatan.

Kapolres Kulonprogo, AKBP Muharomah Fajarini menjelaskan, rangkaian kegiatan peringatan Hari Polwan ke-73 sudah dilakukan pihaknya sejak beberapa bulan lalu. Dimana peringatan diawali pada tanggal 5-9 Juli 2021 lalu dengan kegiatan bakti sosial yang menyasar berbagai pihak.

Diantaranya penyaluran bantuan kepada tenaga kesehatan, Organisasi Dian Kemala, Panti Asuhan Ibnu Fatah, Panti Asuhan Sang Fajar dan kaum-kaum dhuafa. Adapu total bantuan yang disalurkan diketahui mencapai 250 paket.

Rangkaian peringatan Hari Polwan ke-73 di Kulonprogo lalu dilanjutkan pada 23 Agustus 2021 dengan penanaman 1.000 pohon mangrove di kawasan muara Sungai Progo, Kapanewon Galur. Tujuan penanaman pohon tersebut adalah sebagai upaya mencegah abrasi pantai.

Pada hari tersebut, Jajaran Polres Kulonprogo juga  melaksanakan kegiatan anjangsana ke rumah salah satu anggota polwan yang terdampak Covid-19. Yakni Briptu Putri Anita di Kalurahan Pundak kidul, Kapanewon Nanggulan  sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama anggota.

Kegiatan lalu berlanjut pada hari Kamis tanggal 26 Agustus 2021 dengan ziarah kubur di TMP Giripeni Wates untuk mengenang serta menghormati arwah pahlawan yang telah gugur.Selain itu,  juga dilakukan pelepasan 200 tukik di Pantai Pasir Mendit bersama dengan organisasi masyarakat pelestari satwa.

“Kegiatan tersebut dalam rangka pelestarian habitat tukik dan penyu di pantai selatan kulon Progo. Harapannya, penyu tidak punah. Pelaksanaannya berdasarkan ijin dari BKSDA Jogjakarta dan Dinas Kelautan dan Perikanan kulon Progo,” ungkap Fajarini, Rabu (1/9).

Kasubag Humas Polres Kulon Iptu I Nengah Jeffry mengatakan bahwa Peringatan Hari Polwan ke-73 digelar secara sederhana karena mengingat masih dalam pandemi Covid-19. Diawali dari kegiatan syukuran personil Polres Kulonprogo di Aula Satpas Polres Kulonprogo lalu dilanjutkan syukuran secara virtual dengan Polda DIJ dan Mabes Polri.

“Dengan adanya peringatan Hari Polwan ini, kami personil Polres Kulonprogo berharap bisa lebih meningkatkan kinerja bagi organisasi Polri yang presisi kepada masyarakat,” katanya. (inu/sky)

Kulonprogo