RADAR JOGJA – Tahapan vaksinasi bagi pelajar jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kulonprogo direncakan terlaksanan pada awal Agustus mendatang. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat mencatat ada sekitar 15.000 sasaran penerima.

Kepalas Disdikpora Kulonprogo Arif Prastowo mengatakan, untuk pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar SMP itu pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak sekolah serta puskesmas di tiap wilayah. Ia merencanakan bahwa untuk pelaksanaan penyuntikannya akan dilakukan pada awal Agustus 2021 mendatang.

Arif mengungkapkan ada sekitar 15.000 siswa SMP di Kulonoprogo yang nantinya menjadi sasaran vaksinasi. Kemudian untuk pemberian vaksinnya akan diprioritaskan kepada siswa kelas sembilan terlebih dahulu, lalu berlanjut ke siswa dengan jenjang kelas dibawahnya. “Untuk saat ini kami sedang melakukan verifikasi data siswa,” ujar Arif saat dikonfirmasi, Selasa (27/7).

Sebelumnya, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo Baning Rahayujati menyampaikan, untuk pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar akan menggunakan basis data dari tiap sekolah. Dimana hingga saat ini tercatat sudah ada sebanyak 36.156 sasaran. Jumlah itu terdiri dari pelajar SMA/SMK sebanyak 16.056 orang, pelajar SMP sebanyak 15.151 dan pelajar Madrasah sebanyak 4.969 orang.

Sementara terkait dengan target penyelesaian vaksinasi bagi pelajar, ia mengaku tidak akan dilaksanakan tergesa-gesa. Sehingga nantinya setiap Puskemas hanya akan melayani penyuntikan bagi 100 orang per hari. Untuk pendataannya nanti berbasis sekolah. ”Dan untuk pelaksanaannya kami rencanakan pada minggu-minggu pertama Agustus,” ujar Baning. (inu/bah)

Kulonprogo