RADAR JOGJA – Kalangan legislatif di wilayah Kulonprogo mendorong agar perbaikan ruas jalan Mlangsen – Pripih bisa maksimal dengan mengedepankan kualitas. Pasalnya jalan sepanjang 2,2 kilometer tersebut merupakan salah satu akses dalam proyek Kawasan Strategis Pembangunan Nasional (KSPN) Borobudur.

Ketua Komisi III DPRD Kulonprogo Nur Eny Rahayu menyampaikan, jalan Mlangsen-Pripih sering mengalami kerusakan karena menjadi kendaraan berat untuk proyek pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) sejak 2016 lalu. Rencana perbaikan sebenarnya sudah masuk dalam anggaran di tahun 2020, namun ditunda karena adanya recofusing.

Upaya perbaikan jalan yang menghubungkan wilayah Temon dengan Kokap itu kemudian bisa dilaksanakan dengan anggaran di tahun 2021. Diketahui jumlah anggaran untuk proyek tersebut sebesar Rp 11,43 miliar.

Dalam upaya perbaikan yang dilakukan oleh pelaksana proyek PT. Sari Gunung Mataram Sakti itu, Eny berharap agar perbaikannya bisa dilakukan secara maksimal, terlebih jalur Mlangsen-Pripih nantinya juga menjadi salah satu akses penghubung bandara YIA dengan proyek KSPN Borobudur.
“Kami minta kualitas jalan ini benar-benar kualitasnya lebih bagus. Karena jalan ini merupakan titik awal Bedah Menoreh,”ujar Eny disela tinjauan proyek pada Kamis (17/6).

Direktur PT Sari Gunung Mataram Sakti Nanang Sukrisno mengatakan, dalam proyek pembangunan jalan Mlangsen-Pripih tersebut pihaknya melakukan pengerjaan sesuai spesifikasi yang ditentukan. Adanya masukan dari kalangan legislatif kepada pihaknya tersebut akan dijadikan pertimbangan. “Tentu dengan masukan dari DPRD Kulonprogo khususnya dari Komisi III akan bagus bagi kami,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulonprogo Wuriandreza Gigih Muktitama mengatakan, jalan Mlangseng-Pripih memang akan diproyeksikan sebagai jalur Bedah Menoreh. Sehingga diharapkan mampu mendongkrak potensi lokal mulai dari ekonomi, wisata, hingga sosial dan budaya masyarakat. “Jalan Mlangseng-Pripih merupakan akses utama masyarakat di Temon dan Kokap. Serta jalur Bedah Menoreh yang menghubungkan YIA dengan KSPN Borobudur,” terangnya. (inu/bah)

Kulonprogo