RADAR JOGJA- Jajaran Polres Kulonprogo memberikan penghargaan kepada masyarakat di wilayah Padukuhan Sonya, Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo  karena kerukunan masyarakat di wilayah tersebut.

Pelaksana Kanit III Satintelkam Polres Kulonprogo, Aipda Rofik Nasrulloh menyampaikan, kerukunan antar masyarakat di wilayah Padukuhan Sonya terbilang sangat bagus. Meskipun mayoritas masyarakatnya beragama Islam dan Budha, dalam kesehariannya mereka bisa hidup berdampingan serta saling bergotong royong.

Sebagai wujud apresiasi, jajaran Polres Kulonprogo memberikan berupa paket sembako untuk meringankan beban masyarakat ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Selain itu masyarakat juga dihimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan virus.

Selain memberikan paket sembako, Rofik juga mengajak para tokoh agama dari agama Islam dan Budha untuk membantu upaya mencegah radikalisme. Sehingga kasus terorisme dan intoleransi yang memecah persatuan bisa diantisipasi di wilayah Padukuhan Sonya.

“Kerukunan yang sudah ada harus dipertahankan. Ini menjadi kunci mewujudkan suasana kamtibmas yang kondusif. Selain itu, protokol kesehatan juga harus selalu ditegakkan,” ujarnya disela kegiatan pada Senin (14/6).

Tokoh Muslim Sonya, Suparno berharap ada dukungan dan pendampingan dari kepolisian dalam menjaga kerukunan hidup warga. Selama ini kerukunan hidup warga sudah terjalin  dengan baik. Warga selalu mengedepankan sikap toleransi dan gotong royong yang sangat baik berkaitan kegiatan beribadah maupun sosial lainnya.

“Selama ini toleransi dan gotong royong dalam beribadah dan sosial sangat baik,” katanya.

Sementara itu, Tokoh Agama Budha Padukuhan Sonya Budi Supriandi menyampaikan,  rasa persatuan dan memajukan dusun merupakan hal yang harus dikedepankan.

Tidak hanya pada satu kepercayaan saja, namun harus kedua kepercayaan agar bisa hidup berdampingan dengan damai dan selaras. “Mari bersama-sama menjaga kerukunan antar umat beragama di Padukuhan Sonya,”katanya. (inu/sky)

Kulonprogo