RADAR JOGJA – Potensi wisata alam di Dij tak ada matinya. Yang kini menjadi viral adalah bulak sawah Pronosutan. Para artis papan atas bahkan sempat berswafoto di kawasan yang akan dikembangkan sebagai destinasi wisata tersebut.

Berada di Padukuhan Pronosutan, Kalurahan Kembang, Kapanewon Nanggulan, bulak sawah Pronosutan memiliki keindahan pemandangan alam berupa hamparan sawah dipadu dengan gugusan perbukitan Menoreh. Suasananya sejuk dan sangat tenang karena tak terlalu berdekatan dengan jalan raya.

Lokasi tersebut cukup dikenal setelah banyak orang yang menjadikan tempat tersebut lokasi jujukan bersepeda. Karena keindahannya, bahkan artis papan atas seperti Luna Maya juga pernah menjadikan Ubud’e Jogja ini sebagai jalurnya bersepeda. Al dan Dul yang merupakan anak dari musisi Ahmad Dhani juga pernah menyempatkan ke Pronosutan untuk berfoto-foto. Setelahnya animo publik untuk datang ke lokasi tersebut pun makin tinggi.

Salah satu wisatawan, Wisnu Pamungkas, mengakui kawasan bulak sawah Pronosutan memang memiliki keindahan dan hampir tidak ditemukan selain di Kulonprogo. “Pemandangan perbukitan Menoreh dan hamparan sawah membuat betah,” ungkapnya Selasa (1/6).

Tak hanya itu, Wisnu menyampaikan pengembangan di kawasan Pronosutan saat ini juga terbilang cukup baik. Karena mulai banyak spot-spot kuliner yang menyajikan makanan lokal yang menggunggah selera. “Saya berharap kawasan Pronosutan ini bisa dikembangkan lebih baik lagi. Namun jangan sampai merusak keindahan alamnya, karena hal itu yang membuat kawasan ini menarik,” ujar warga Kota Jogja ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo Joko Mursito mengatakan, keinginan masyarakat untuk mengembangkan Pronosutan sebagai destinasi wisata memang terbilang cukup tinggi. Khususnya dalam upaya untuk membuat wilayah tersebut seperti Ubud di Bali.

Dengan adanya pengembangan wisata di Pronosutan, lanjut Joko , harapannya juga dapat menggerakkan perekonomian di wilayah tersebut. “Hal-hal tersebut kami jadikan sebagai pemicu untuk pengembangan wilayah Pronosutan. Tentunya kami juga terus lakukan promosi,” terang Joko. (inu/pra)

Kulonprogo