RADAR JOGJA- Siswa kelas XII SMK Negeri 1 Girimulyo jurusan teknik sepeda motor mengikuti uji kompetensi berstandar nasional pada Rabu (7/4). Kegiatan tersebut dilakukan guna menyiapkan para siswa untuk menghadapi dunia kerja.

Kepala Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Girimulyo, Hari Rahmanto menyampaikan, uji kompetensi ini dilakukan untuk membekali para siswa dengan kemampuan yang matang. Sehingga ketika terjun ke dunia kerja nantinya mereka dapat bersaing.

Dalam uji tersebut pihaknya melibatkan tenaga assesor yang berasal dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK Negeri 1 Seyegan. Dimana LSP tersebut sudah berstandar nasional,“ Kami ingin lulusan kita bisa bersaing dan cepat terserap di dunia usaha,” katanya, Kamis (8/4).

Hari menambahkan, bahwa kegiatan uji kompetensi tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Jumlah peserta juga hanya dibatasi sepuluh orang dan digelar dalam beberapa tahapan guna mencegah kerumunan.

Uji kompetensi berstandar nasional tersebut merupakan yang pertama kali. Sebelumnya pada siswa hanya mengikuti uji kompetensi kejuruan (UKK) yang dilaksanakan oleh sekolah. Mulai tahun ini uji kompetensi ditingkatkan standar nasional.

“Siswa yang lulus nantinya akan mendapatkan sertifikat kompetensi dengan standar kompetensi kerja indonesia (SKKI),” tambahnya.

Hari menjelaskan, serifikat tersebut sangat penting karena merupakan bentuk pengakuan bahwa para siswa sudah berkompeten dan siap bekerja di bidang permesinan.

Sementara salah satu siswa peserta uji kompetensi, Arif Arrahmad mengaku cukup grogi mengikuti kegiatan tersebut. Sebab setiap tahapan tes selalu dinilai,” Mudah-mudahan semuanya lulus agar kami bisa langsung bekerja,” harapnya. (inu)

Kulonprogo