RADAR JOGJA- Kasus penularan Covid-19 di Kulonprogo terus mengalami peningkatan. Hingga Senin (5/4), jumlah kasus konfirmasi positif di wilayah tersebut sudah mencapai 4.042 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan, jumlah kasus penularan di Kulonprogo memang terus mengalami peningkatan diawal bulan ini. Mulai dari tanggal 1-5 April, sudah ada penambahan konfirmasi positif sebanyak 109 kasus. Sehingga total konfirmasi positif saat ini mencapai 4.042 kasus.

Dari jumlah total tersebut, ada sebanyak 49 kasus yang menjalani isolasi di rumah sakit. Kemudian 882 kasus isolasi mandiri, 2.561 dinyatakan selesai isolasi, 527 kasus sembuh dan 83 kasus meninggal dunia.

Terkait dengan penambahan kasus hari ini, Baning menyatakan ada lima kasus penularan yang terjadi di wilayah Sentolo. Serta ada satu kasus suspek setelah pulang kampung dari Jakarta.

“Perubahan situasi Covid-19 per 5 April 2021 ini ada penambahan enam kasus positif,” ujarnya.

Dengan terus adanya penambahan kasus penularan Covid-19 di Kulonprogo. Baning berharap agar masyarakat patuh menerapkan protokol kesehatan di manapun berada.

Sebab, kasus penularan bisa saja terjadi di rumah maupun luar rumah. Sebagian kasus konfirmasi positif di Kulonprogo pun juga banyak terjadi karena kontak erat antar anggota keluarga.

“Kami himbau masyarakat Kulonprogo supaya tetap patuh terhadap prokes. Seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” himbaunya.

Wakil Bupati Kulonprogo, Fajar Gegana juga menghimbau agar masyarakat tertib dalam penerapan protokol kesehatan. Sebab tidak menutup kemungkinan kasus penularan bisa terjadi ketika masyarakat lengah.

“Kami berharap agar masyarakat patuh terhadap penerapan protokol kesehatan untuk mencegah kasus semakin banyak,” harapnya. (inu/sky)

Kulonprogo