RADAR JOGJA – Penguatan ekonomi pada masa pandemi seperti saat ini tengah menjadi fokus bagi pemerintah desa Salamrejo, kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulonprogo. Upaya yang dilakukan adalah dengan memaksimalkan halaman pasar Sentolo untuk dibuat Pasar SSenja.

Lurah Salamrejo, Dani Pristiawan mengatakan, Pasar SSenja merupakan singkatan dari pasar Salamrejo Sentolo Enak Jajanane. Merupakan sebuah pasar yang buka mulai dari sore hingga malam hari di halaman depan Pasar Sentolo.
Untuk saat ini, Pasar SSenja dikelola oleh Bumdes Danareja Mandiri yang merupakan badan usaha milik desa Salamrejo. Di pasar tersebut dijual kebutuhan masyarakat berupa kuliner. Model pembayarannya pun sudah diintegrasikan dengan model elektronik atau cash less.
“Kehadiran Pasar SSenja memang sangat bermanfaat bagi masyarakat di wilayah Salamrejo. Serta dapat menghidupkan wilayah ini dari pagi hingga malam hari,” ujar Dani saat peresmian Pasar SSenja beberapa waktu lalu.
Sebagai informasi, Pasar SSenja sudah diresmikan oleh Bupati Kulonprogo sejak 26 Februari 2021. Kehadiran pasar sore yang berada di depan Jalan Wates, Km 8 itu dibuat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di wilayah Salamrejo dan sekitarnya.
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulonprogo, Iffah Mufidati menyampaikan sampai saat ini sudah ada sebanyak 35 pedagang di pasar tersebut. Jumlah tersebut terdiri dari tujuh pedagang lama yang sudah menempati lokasi tersebut jauh sebelum pasar diremsikan serta 28 pedagang baru.
Dia mengungkapkan, produk yang ditawarkan di pasar tersebut juga bisa dibilang sangat beragam. Mulai dari kuliner makanan berat hingga camilan. “Kami berharap dengan hadirnya Pasar SSenja dapat menggerakkan ekonomi masyarakat di wilayah Salamrejo selama 24 jam,” katanya. (inu/bah)

Kulonprogo