RADAR JOGJA-  Jumlah kasus penularan Covid-19 Kulonprogo terus mengalami peningkatan. Ada 57 kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kulon Progo.

Dalam catatan gugus tugas hingga Minggu (21/3), jumlah konfirmasi positif di wilayah tersebut mencapai 3.555 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan jumlah tersebut terdiri dari 64 kasus isolasi di rumah sakit, 652 kasus isolasi mandiri, 2.242 dinyatakan selesai isolasi, 70 kasus meninggal. Serta 527 kasus dinyatakan sembuh.

Sebaran kasus konfirmasi positif di Kulonprogo terbilang hampir merata di berbagai wilayah. Untuk kasus tertinggi ada di kapanewon Wates dengan catatan 494 kasus.

“Hasil perubahan situasi Covid-19 per 21 Maret ada penambahan 57 kasus positif. Sehingga kini total menjadi 3.555 kasus,” ujarnya, ¬†saat dikonfrimasi Senin (22/3)

Bening menuturkan, kasus Covid-19 di Kulonprogo banyak didominasi oleh kasus penularan keluarga. Dimana biasanya penularan terjadi akibat kurangnya penerapan protokol kesehatan (prokes) ketika berada di rumah.

Masyarakat jangan lengah terhadap penerapan prokes seperti memakai makser, menjaga jarak dan mencuci tangan. Sebab, kasus penularan Covid-19 tidak hanya terjadi di luar rumah saja. Namun bisa tertular dari dalam rumah dan orang-orang terdekat.

“Saya himbau masyarakat agar tetap patuh terhadap prokes dan 3M di manapun berada,” harapnya. (inu/sky)

Kulonprogo