RADAR JOGJA – Pemerintah Kabupaten Kulonprogo melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian meresmikan Pasar SSenja (Salamrejo Sentolo Enak Jajane) Jumat (26/2). Melalui pasar yang berada di Kalurahan Salamrejo, Kapanewon Sentolo itu, diharapkan dapat menguatkan ekonomi masyarakat setempat di tengah masa pandemi seperti saat ini.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo menyampaikan pada masa pandemi Covid-19 memaksa setiap orang untuk bertahan terutama di sektor ekonomi. Namun demikian, dalam penguatan ekonomi tersebut harus aman dari penularan virus.
Adanya pasar merupakan salah satu poros penggerak ekonomi rakyat, tempat menawarkan dan menjual berbagai hasil bumi maupun produk hasil industri. Hadirnya pasar juga diharapkan mampu menggemakan semangat Bela Beli di Kulonprogo.

Dengan diresmikannya Pasar Ssenja, Sutedjo berharap dapat memberi manfaat dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.
Untuk diketahui, Pasar SSenja merupakan salah satu pusat kuliner yang buka dari sore hingga malam hari. Pasar tersebut merupakan pemanfaatan lahan parkir yang berada di depan Pasar Percontohan Sentolo. Hadirnya pasar tersebut juga diharapkan dapat menghidupkan suasana Sentolo dari pagi hingga malam hari.

“Semoga Pasar SSenja dapat memberikan manfaat bagi peningkatan ekonomi warga masyarakat di masa pandemi ini, sekaligus mempermudah masyarakat dalam mencari jajanan bersih dan sehat,” ujar Bupati disela peresmian, Jumat (26/2).

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulonprogo, Iffah Mufidati menyatakan ada sebanyak 35 pedagang yang kini menempati Pasar SSenja. Jumlah tersebut terdiri dari tujuh pedagang lama dan 28 pedagang baru.
Adapun produk yang ditawarkan di pasar tersebut, lanjut Iffah, diantaranya berbagai macam kuliner seperti angkringan hingga makanan ringan. Ia berharap dengan hadirnya Pasar SSenja dapat menggerakkan ekonomi masyarakat di wilayah Salamrejo selama 24 jam.

“Ketika pagi pasar ini bisa dimanfaatkan sebagai pasar tradisional, kemudian sore bisa dioptimalkan dengan Pasar SSenja. Sehingga harapannya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” terang Iffah.

Lurah Salamrejo, Dani Pristiawan menyampaikan rasa terimakasih atas sudah diresmikannya Pasar SSenja. Ia mengungkapkan hadirnya pasar tersebut dirasa akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di wilayah Salamrejo.Pasar SSenja sendiri akan dikelola oleh BumDes Danareja Mandiri.

Dengan sudah diresmikannya Pasar SSenja, Dani berharap agar kedepan bisa juga dilakukan fasiltas penunjang bagi pengunjung. Seperti disediakannya jembatan penyeberangan orang (JPO) dan optimalisasi pintu bagi pengunjung maupun pedagang yang berada bagian belakang pasar.
“Kami berharap ada JPO karena lokasi Pasar SSenja berada di jalan raya dan lalu lintasnya selalu ramai,” ungkap Dani. (*/inu/bah)

Kulonprogo