RADAR JOGJA – Jumlah kasus penularan Covid-19 dari kegiatan pengajian di Kalurahan Jangkaran, Kapanewon Temon, semakin meluas. Kini total ada 69 orang yang terkonfirmasi positif dari klaster tersebut.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan, ada penambahan 12 kasus konfirmasi dari klaster itu Kamis (18/2). Saat ini klaster pengajian Jangkaran sudah mulai meluas ke tingkatan keluarga dan ada temuan di wilayah lain.

Upaya tracing tengah dimaksimalkan Gugus Tugas agar kasus penularan dari klaster ini bisa diminimalisasi. “Dari penularan antarjamaah sudah bergeser ke keluarga. Saat ini kami terus upayakan tracing. Masjid juga masih kami tutup,” ujar Baning Kamis (18/2).

Terkait meluasnya penularan dari klaster ini, Baning menyatakan hal itu disebabkan karena kurangnya penerapan protokol kesehatan antarjamaah saat menggelar kegiatan ibadah. Diketahui saat itu jamaah tidak menggunakan masker dan kurang menerapkan jaga jarak selama kegiatan berlangsung.
Guna mencegah kasus penularan serupa kembali terjadi, Baning mengimbau masyarakat agar selalu patuh terhadap penerapan protokol kesehatan.

Khususnya ketika melakukan kegiatan yang berpotensi mengumpulkan massa seperti pengajian atau kegiatan keagamaan yang digelar di suatu tempat.
“Permasalahannya pada pelanggaran protokol kesehatan. Peringatan memang ada, namun pelaksanaannya tidak pernah ditaati. Sehingga tiada henti kami imbau agar masyarakat selalu patuh terhadap prokes,” pinta Baning.

Sebelumnya, Wakil Bupati Kulonprogo Fajar Gegana menyampaikan, pihaknya akan membentuk tim khusus tracing terhadap kasus penularan ini. Langkah tersebut diambil sebagai upaya mempercepat penelusuran penularan agar klaster ini tertangani cepat.

Terkait jumlah kasus Covid-19 di Kulonprogo, pada Kamis Gugus Tugas mencatat ada penambahan 64 kasus, sehingga total ada 2.621 kasus konfirmasi positif di kabupaten ini. Dari jumlah itu, sebanyak 44 kasus isolasi di rumah sakit, 683 isolasi mandiri, 1.321 dinyatakan selesai isolasi, 524 kasus sembuh dan 49 kasus meninggal. (inu/laz)

Kulonprogo