RADAR JOGJA – Pandemi Covid-19 begitu berdampak pada bidang ekonomi khususnya usaha mikro kecil menengah (UMKM). Para pengusaha pun diminta ikut berperan membantu para pelaku UMKM agar bisa bangkit.

Ketua Kamar Dagang Industri Indonesia (Kadin) DIJ GKR Mangkubumi mengatakan, untuk saat ini hampir semua sektor tengah mendapat dampak dari adanya pandemi Covid-19. Terlebih bagi para pengusaha kecil yang saat ini tengah berkembang.

GKR Mangkubumi juga menyampaikan, dalam upaya penanggulangan dampak pandemi di bidang ekonomi memang dibutuhkan kerjasama berbagai pihak agar bisa saling menguatkan. Untuk itu dia pun berharap agar bisa terjalin sinergitas antara pengusaha dengan masyarakat dan pemerintah.

Untuk itu, putri sulung HB X itu menyampaikan bahwa Kadin harus berperan dalam upaya penanggulangan pandemi khususnya di sektor ekonomi. Ia pun meminta agar para pengusaha yang tergabung dalam Kadin DIJ bisa turut membimbing para UMKM agar bisa bangkit. Salah satunya dengan membantu pemasaran secara digital.”Adanya persaingan pasar di digital sekarang ini kian kompetitif mendorong kami untuk membantu UMKM go digital, sehingga pengembangan ekonomi masyarakat dapat terwujud meski ditengah pandemi,” ungkap GKR Mangkubumi disela Musyawarah Kabupaten (Mukab) ke VIII Kadin Kulonprogo 2020, Senin (13/12).

Ketua Kadin Kulonprogo Zuharsono Azhari menyampaikan, ada tiga kegiatan utama dalam Mukab tersebut. Di antaranya laporan pertanggung jawaban pengurus lama, penyusunan program kerja dan pembentukan pengurus baru.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo berharap agar para pengurus Kadin baru nantinya bisa menangkap peluang atas sudah aktifnya Yogyakarta International Airport.

Sebab, dengan kehadiran bandara baru itu kini kabupaten Kulonprogo telah banyak diminati para investor.“Ibaratnya, Kulonprogo itu seperti seorang gadis cantik yang menarik perhatian banyak kalangan. Kadin dengan kepengurusan baru harus bisa ambil peluang yang ada,” ungkapnya. (inu/pra)

Kulonprogo