RADAR JOGJA – Komisi C DPRD DIJ melakukan inspeksi mendadak ke YIA pada Senin (16/11), setelah mendapat laporan masyarakat tentang adanya keluhan terkait jarak antara titik keberangkatan yang terlalu jauh. Dalam inspeksi tersebut, pihak Angkasa Pura I mengaku telah memberikan beberapa solusi.

Wakil Ketua Komisi C DPRD DIJ Gimmy Rusdin Sinaga menyampaikan, terkait apa yang dikeluhkan adalah tentang jarak jalan kaki dari lokasi parkir menuju titik keberangkatan yang terlalu jauh. Hal itu yang kemudian membuat masyarakat merasa keberatan dan meminta agar pengelola bandara bisa memberikan fasilitas tambahan. ”Sangat banyak yang mengeluh karena jalan kakinya jauh, tadi kami cek jaraknya mencapai 100 meter dari parkir menuju kedatangan,” ujar Gimmy di sela sidak Senin.

Atas keadaan tersebut, Gimmy menyatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pengelola bandara terkait solusi keluhan tersebut. Hasilnya, pihak Angkasa Pura 1 akan menyediakan fasilitas eskalator.
Politisi PDIP ini melanjutkan bahwa banyaknya keluhan masyarakat tersebut juga bisa disebabkan karena masyarakat belum terbiasa dengan kondisi bandara baru. Mengingat, luas bandara baru di Kulonprogo sangat jauh jika dibandingkan dengan bandara lama di Adisutjipto.

”Sebenarnya jaraknya tidak terlalu jauh, mungkin karena masih baru dan sedang dalam tahap penataan jadi orang masih merasa jauh, terlebih ini sangat berbeda dengan Adisutjipto,” ujarnya.

Sementara itu, General Manager Angkasa Pura I Agus Pandu Purnama menyampaikan bahwa pihaknya akan memberikan eskalator bagi masyarakat pengguna bandara. Dia pun menyambut baik tentang keluhan masyarakat yang disampaikan melalui Komisi DPRD DIJ.

Senada dengan Gimmy, terkait dengan keluhan tersebut Pandu menyampaikan bahwa rata-rata masyarakat memang masih membandingkannya dengan bandara Adisutjipto. Sehingga menurutnya memang perlu penyesuaian.
Dia pun menyampaikan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Pemprov DIJ untuk kemajuan YIA ke depannya. Diantaranya dalam penyediaan transportasi dan gerai UMKM lokal di lokasi bandara.

“Tentunya kami sangat berkenan dengan kunjungan ke bandara ini untuk menyampaikan keluhan masyarakat tekait jarak dari kedatangan menuju tempat parkir. Kedepan kami juga akan terus berkoordinasi dengan Komisi C untuk kemajuan YIA,” ujar Pandu. (inu/bah)

Kulonprogo