RADAR JOGJA – Forum Musisi Kulonprogo dan Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulonprogo menggelar konser virtual bertajuk Menoreh Music Fest 2020. Acara ini bertujuan membangkitkan kembali semangat di masa pandemi Covid-19.

“Kami berharap ini akan menjadi trigger semangat musisi-musisi di Kulonprogo di tengah pandemi,” kata Ketua Musisi Kulonprogo, Burhan Irdawanto alias Penot usai membuka Menoreh Music Fest di Taman Budaya Kulonprogo, Pengasih, Minggu (25/10) malam.

Dijelaskan, sejumlah musisi lokal yang berpartisipasi diantaranya Derradru, Roti & Mentega, Pingkipat, Putar Balik, Putri Varenza, L-sista dan belasan penampil lainnya. Acara musik ini digelar selama enam hari pada 25-31 Oktober dan disiarkan secara live streaming di kanal YouTube Disbud Kulonprogo.

“Dalam acara ini, ada 18 grup musik dengan berbagai aliran dan sebagian besar berasal dari Kulonprogo. Setiap hari ada tiga grup musik yang tampil dengan durasi maksimal 2,5 jam, setiap grup membawakan lima sampai tujuh lagu,” jelasnya.

Menurutnya, selain ajang mengekspresikan karya seni grup musik Kulonprogo. Kegiatan ini sebagai pelecut semangat, sebab selama pandemi Covid-19, aktivitas musisi Kulonprogo nyaris berhenti, banyak acara yang ditunda atau bahkan dibatalkan. ”Kami nyaris kehilangan ruang untuk berekspresi, beruntung ada even ini,” ujarnya.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo memberikan dukungan terhadap kegiatan tersebut, diharapkan Menoreh Music Fest dapat memberikan motivasi generasi muda untuk tetap semangat menghadapi pandemi.

“Tunjukkan kreativitas, inovatif dan nasionalisme untuk bersaing positif di bidang musik, sekaligus menghibur masyarakat luas. Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, terlebih terselenggara dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya. (tom/bah)

Kulonprogo