RADAR JOGJA – Maskapai Garuda Indonesia mendaratkan pesawat bermasker di Yogyakarta International Airport (YIA) Temon Kulonprogo, Jumat (16/10). Pesawat jenis Boeing 737 Seri 800 dengan nomor penerbangan GA 211 YIA-CGK ini berhasil menyita perhatian para penumpang dan pengunjung YIA.

Station Manager Garuda Indonesia Jogjakarta, Permadi Usman mengatakan, sebagai national flag carrier, Garuda Indonesia senantiasa berkomitmen terus mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, salah satunya melalui kampanye gerakan Ayo Pakai Masker.

“Dengan livery masker pesawat ini merupakan bagian dari dari dukungan Garuda Indonesia terhadap program edukasi pemerintah melalui gerakan Ayo Pakai Masker,” katanya.

Dijelaskan, Garuda Indonesia memiliki tujuh penerbangan setiap harinya, tiga diantaranya dengan rute YIA-CGK (Jakarta). Untuk penerbangan domestik, Garuda Indonesia sudah memiliki dua pesawat dengan livery pesawat bermasker, selain itu juga pesawat jenis Airbus 330 untuk penerbangan internasional.

“Airbus 330 Neo terbaru juga sudah menjelajah destinasi internasional seperti Jepang, Australia dan Korea, kedepan akan lebih banyak lagi pesawat bermasker yang desainnya kini juga masih dilombakan untuk mendapatkan desain masker terbaik,” jelasnya.

Pilot Garuda Indonesia, Captain Sukmagung S menambahkan, menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Garuda Indonesia sebagai maskapai pertama yang menampilkan livery khusus pesawat bermasker di Indonesia. Hal itu sejalan dengan komitmen dan keseriusan maskapai dalam mengedepankan aspek keselamatan dan kenyamanan para penumpang di masa adaptasi kebiasaan baru.

“Kami terus memastikan bahwa seluruh protokol kesehatan terimplementasikan secara optimal dan konsisten pada semua lini operasional penerbangan kami, semua dilakukan untuk membantu program pemerintah dalam mencegah Covid-19,” ucapnya.

Diharapkan, dengan slogan baru di Garuda Indonesia ini semoga bisa menggugah masyarakat untuk tetap konsisten mengenakan masker dan menjaga jarak di setiap perjalanan. “Semoga kedepannya angka penyebaran Covi-19 di Indonesia pada umumnya dan Jogjakarta pada khususnya turun dan pandemi bisa segera usai,” harapnya.

Menurutnya, sebagai moda transportasi massal, pesawat udara sudah mulai kembali mendapatkan kepercayaan publik. “Kami tegaskan sekali lagi, jangan khawatir menggunakan moda transportasi udara karena aman untuk digunakan. Kami, Garuda Indonesia selalu menjaga kabin pesawat dan di setiap penerbangan kami selalu mengingatkan penumpang untuk terus memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ujarnya. (tom/bah)

LIVERY: Air Crew berikut Crew Cabin GA 211 saat berfoto dengan baliho Save Healthy Travel Campaign sesaat setelah mendarat di bandara YIA Temon, Kulonprogo, kemarin.

Kulonprogo