RADAR JOGJA – Pengurus Organisasi Masyarakat (Ormas) Paguyuban Putra Binangun Berdikari (PBB) Kulonprogo melakukan audiensi dengan Bupati Kulonprogo, Sutedjo, Senin (5/10). Mereka meminta Bupati Sutedjo menjadi Dewan pembina menggantikan Hasto Wardoyo yang telah hijrah ke Jakarta menduduki kursi Kepala BKKBN.

“Kami tengah melakukan perubahan struktur organisasi, dan kami meminta kesediaan Bupati Kulonprogo Sutedjo sebagai pelindung dan pembina PBB,” kata Ketua PBB Kulonprogo, Canggih Aji Wibowo.

Ditegaskan, saat Hasto Wardoyo menjadi Bupati, beliau dipercaya sebagai pembina dan pelindung, namun karena saat ini yang menjabat sebagai Bupati Kulonprogo yakni Sutedjo, maka dibutuhkan pernyataan  tertulis.  “Harus ada persetujuan tertulis,” tegasnya.

Bupati Sutedjo mengungkapkan, kepercayaan yang diberikan kepadanya merupakan kehormatan. Meskipun hanya terkait mekanisme, namun yang jelas ada niat dan tujuan  yang baik. “Saya setuju namun dengan syarat jangan ada pernyataan yang kurang baik dari internal PBB, sebab dengan siap menjadi pelindung maka otomatis sebagai Bupati membawa nama pemerintah,” ungkapnya.

Menurutnya, sebagai Ormas satu hal yang harus di penuhi yakni komitmen anggota untuk konsisten menjaga persatuan dan kesatuan. “Perbedaan pendapat itu wajar dalam iklim demokrasi, jadi jangan kemudian memicu perselisihan atau perpecahan,” ujarnya. (tom/bah)

Kulonprogo