RADAR JOGJA – Percobaan penjambretan terjadi di kawasan Underpass Yogyakarta International Airport (YIA), Kapanewon Temon, Kulonprogo, Jumat (4/9) lalu. Pelaku berusaha merampas kalung korban saat pulang dari Pasar Glaeng, Kalurahan Jangkaran, Temon.

Kapolsek Temon, Kompol Riyono membenarkan peristiwa tersebut, korban merupakan pasangan suami istri Mujianto, 52 dan Daliyah, 48, warga Dusun Sidorejo, Kalurahan Glagah, Kapanewon Temon. TKP yakni pintu barat Underpass YIA, Dusun Selong, Kalurahan Palihan, Temon, sekitar pukul 09.20.

Kronologis kejadian, Mujianto saat memboncengkan istrinya usai pulang dari Pasar Glaeng, Kalurahan Jangkaran, tiba-tiba dipepet dua orang pria berboncengan sepeda motor bebek warna hitam. Salah satu pelaku kemudian berupaya merampas kalung yang dikenakan Daliyah. “Mengetahui istrinya dalam bahaya, Mujianto lantas melakukan perlawanan dengan cara memegang tangan pelaku sehingga terjadi tarik-menarik,” katanya.

Dalam insiden itu, kalung korban sempat putus dan gagal diambil pelaku. Pelaku kemudian kabur melarikan diri ke arah timur. Sementara Mujianto dan Daliyah terjatuh dari sepeda motornya. “Tidak ada kerugian materi, namun korban menderita luka-luka karena terjatuh dari sepeda motor,” katanya.

Dijelaskan, usai peristiwa dua korban langsung ditolong pengendara lain yang tengah melintas di lokasi kejadian. Korban kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan.

“Setelah kejadian ini, kami akan meningkatkan pengamanan, mengantisipasi kejadian serupa terulang kembali,” jelasnya.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Kulonrprogo, Iptu I Nengah Jefri mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati saat melintas di sekitar Underpass YIA maupun tempat lain yang sepi. “Jangan kenakan barang berharga yang mencolok dan berlebihan, jangan jalan sendiri, semoga ini kejadian pertama dan terakhir,” tegasnya. (tom/bah)

Kulonprogo