RADAR JOGJA – Posko pendataan dan mengawal kelancaran distribusi bantuan sosial (bansos) di Kulonprogo, Kampung Kulo Siaga diresmikan langsung Kapolda DIJ Irjen Pol Asep Suhendar, Selasa (2/6) di Mapolres Kulonprogo. Didampingi Kapolres Kulonprogo AKBP Tartono peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemukulan kentongan.

Kapolres Kulonprogo AKBP Tartono menjelaskan, Kampung Kulo Siaga berperan melakukaan korrdinasi terkait data masyarakat pemudik, isolasi, warga terdampak Covid-19. Pengawasan dan pengawalan bansos bertujuan agar tidak terjadi masalah sosial.

“Dengan adanya program Kampung Kulo Siaga ini, hal-hal seperti itu dapat diminimalisir. Sehingga hingga saat ini di wilayah Kulonprogo tidak terdapat permasalahan mengenai data penerima bantuan sosial pada masa pandemi covid-19 ini,” jelasnya.

Pihaknya mengklaim program ini baru pertama dilakukan di wilayah Polda DIJ. Dikemas dengan pelaporan online bernama Menoreh Report System. Tujuannya untuk mempermudah pelaporan data pemudik, isolasi, pendistribusi bantuan dan data informasi perkembangan Covid-19 di wilayah Kulonprogo.

“Masing-masing wilayah juga berperan untuk mengontrol ketahanan pangan guna menjaga dan menjamin ketahanan pangan dan kelestarian ekologi di masa pandemi,” tambahnya. (sky/tif)

Kulonprogo