RADAR JOGJA – Warga Kulonprogo, yang tinggal di kawasan perbukitan, tak perlu jauh-jauh untuk mengurus administrasi kependudukan (adminduk). Itu karena Dinas Kependudukan dan Layanan Sipil (Dukcapil) Kulonprogo telah menyediakan layanan pengurusan adminduk keliling.

Namanya Adminduk Mobile. mulai diberlakukan pada 2020. Persis seperti mobil SIM keliling milik kepolisian, mobil layanan adminduk ini bantuan dari BPD DIJ melalui program CSR. “Adminduk Mobile merupakan layanan perdana kami, tahun lalu sebenarnya mau direalisasikan namun karena keterbatasan anggaran, jadi baru tahun ini ada,” kata Kepala Dukcapil Kulonprogo, Aspiyah, belum lama ini.

Menurut dia, Adminduk Mobile diproyeksikan bisa menjangkau seluruh masyarakat di Kulonprogo, khususnya yang tinggal di kawasan perbukitan menoreh atau yang jauh dari pusat kota.  Mobil ini sangat penting, sebab Kulonprogo memilik wilayah yang luas dan topografinya yang beragam. Kehadiran layanan ini bisa memudahkan pengurusan Adminduk. “Warga yang tinggal di daerah yang sulit menjangkau kecamatan atau kantor dukcapil bisa dipermudah dengan adanya mobil keliling ini,” ujarnya.

Kehadiran layanan ini diklaim bakal mempercepat proses kepengurusan adminduk. Sebelumnya program jemput bola sudah ada, namun baru sebatas perekaman untuk E-KTP, sedangkan pencetakan tetap harus di kantor dukcapil atau kecamatan. “Di dalamnya [mobil] sudah tersedia sarpras termasuk jaringan wifi, sehingga data perekam bisa langsung dikirim ke kantor [Dukcapil] untuk diverifikasi kemudian dicetak,” jelas mantan Camat Pengasih ini.

Seluruh pengurusan dokumen adminduk bisa dilakukan lewat layanan tersebut, mulai dari pembuatan E-KTP, KTA, Akta Kelahiran, Kematian, Perceraian hingga Akta Nikah untuk non muslim. Terkait teknis operasional Adminduk Mobile, baru sebatas on call. Atau berdasarkan permintaan dari desa. Namun tidak menutup kemungkinan, akan dirutinkan keliling Kulonprogo jika minat masyarakat menggunakan layanan ini cukup tinggi. (tom/pra)

Kulonprogo