alexametrics

Perbaikan Jalan Mlangsen – Pripih Harus Maksimal

Kalangan legislatif di wilayah Kulonprogo mendorong agar perbaikan ruas jalan Mlangsen – Pripih bisa maksimal dengan mengedepankan kualitas. Pasalnya jalan sepanjang 2,2 kilometer tersebut merupakan salah satu akses dalam proyek Kawasan Strategis Pembangunan Nasional (KSPN) Borobudur.

Kembangkan Wisata Alam di Pronosutan

Potensi wisata alam di Dij tak ada matinya. Yang kini menjadi viral adalah bulak sawah Pronosutan. Para artis papan atas bahkan sempat berswafoto di kawasan yang akan dikembangkan sebagai destinasi wisata tersebut.

Penerapan E-Retribusi Terkendala Sinyal

Penerapan sistem pembayaran elektronik atau e-retribusi destinasi wisata di Kulonprogo terbilang masih sangat rendah. Diketahui penerapan e-retribusi pada seluruh destinasi wisata baru 25 persen.

Klaster Sangon Selesai, Perkuat Pengawasan

Klaster Sangon di Kokap, Kulonprogo dinyatakan selesai. Sebagai bahan evaluasi, gugus tugas setempat akan meningkatkan pengawasan di tingkat terbawah masyarakat.

Libatkan Masyarakat Dalam Pembangunan Borobudur Highland

Pembangunan Borobudur Highland oleh Badan Otoritas Borobudur (BOB) dijanjikan dapat memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar. Termasuk bagi masyarakat di Kulonprogo karena merupakan wilayah yang bersinggungan langsung dengan kawasan pariwisata tersebut.

Lebaran, Kesampingkan Pengawasan Truk Tambang

Kondisi rusaknya jalan karena aktivitas pertambangan di wilayah Kedundang-Pripih, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulonprogo disorot karena kondisinya memprihatinkan. Instansi terkait mengakui adanya kurang pengawasan sehingga berdampak pada bebasnya lalu lalang truk pengangkut pasir di ruas jalan tersebut.

24 Ribu Wisatawan Kunjungi Pantai Glagah

Selama libur Lebaran, jumlah kunjungan pada beberapa destinasi wisata di Kulonprogo mengalami lonjakan. Adapun objek wisata (obwis) yang paling dikunjungi selama libur hari raya, yakni Pantai Glagah.

Keluhkan Suara Bising dan Tembok Retak

Warga Padukuhan Kledekan Kidul, Kalurahan Jangkaran, Kapanewon Temon, mengeluhkan adanya dampak dari proyek pembuatan beton di wilayah setempat. Dampak yang dirasakan warga berupa suara bising dan getaran yang membuat struktur rumah retak.

Klaster Kegiatan Ibadah Lagi, 40 Positif Korona

Kasus Covid-19 dengan jumlah penularan cukup banyak kembali terjadi di Kulonprogo. Kali ini menimpa sebagian masyarakat di wilayah Kalurahan Hargomulyo dan Kalirejo, Kapanewon Kokap. Kasus penularan yang diberi nama klaster Sangon itu, ditemukan 40 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Aman, Pengelola Wisata Jangan Abai Prokes

Selama libur Lebaran nanti, destinasi pariwisata di Kulonprogo dipastikan tetap buka seperti biasa. Namun demikian koridor-koridor protokol kesehatan (prokes) tetap dijaga supaya tidak timbul klaster penularan.

Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Pemkab Kulonprogo melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) telah selesai melakukan simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) pada tingkat SD dan SMP. Hasilnya disebut sudah baik. Sehingga wilayah tersebut menyatakan siap menggelar proses belajar secara langsung sesuai pencegahan Covid-19.

Legislator Soroti Lambatnya Vaksinasi Guru

Legislator di Kulonprogo menyoroti kurang maksimalnya tahapan vaksinasi bagi tenaga pendidik atau guru. Sampai saat ini masih banyak guru di wilayah tersebut yang belum tervaksinasi. Padahal pembelajaran tatap muka akan segera dilakukan.

Puncak Penutupan Mudik, Kedatangan YIA Naik Tajam

Menjelang diberlakukannya larangan mudik Lebaran 2021, jumlah penumpang khusus kedatangan di Yogyakarta International Airport (YIA) mengalami kenaikan tajam di hari terakhir sebelum berlakunya aturan larangan mudik. Bahkan kenaikannya mencapai 200 persen dibandingkan hari biasa.

Lansia Tertipu Oleh Pengedar Uang Palsu

Seorang warga Padukuhan Bakulan, Kalurahan Tirtohayu, Kapanewon Galur, Kabupaten Kulonprogo bernama Mardiwiyono,81 menjadi korban peredaran uang palsu.