RADAR JOGJA – Jumlah penumpang pesawat di Yogyakarta International Airport (YIA), Temon Kulonprogo meningkat signifikan saat libur Imlek 2023. Jumlahnya mencapai 13 ribu orang penumpang dengan pergerakan pesawat mencapai 88 flight.

“Peningkatan jumlah penumpang ini tidak terlepas dari kelonggaran dan semakin mudanya syarat untuk mengakses moda transportasi udara,” ucap Airport Operation Center Head YIA Budi Wiyono, Senin (23/1).

Dijelaskan, banyak warga yang memanfaatkan libur Imlek tahun ini, banyak yang bepergian menggunakan transportasi udara. Puncak arus balik libur Imlek 2023 tersimak di terminal keberangkatan dan kedatangan.

“Hari ini saja jumlah penumpang datang sudah tembus 5.140 orang dan penumpang berangkat mencapai 6.924 orang penumpang. Angka tersebut akan terus bertambah hingga penerbangan terakhir pukul 21.00,” jelasnya.
Kenaikan jumlah penumpang jika persentase naik hingga 59 persen dibanding libur Imlek 2022 lalu. Demikian juga pergerakan pesawat naik 73 persen dibanding 2022. Penerbangan domestik masih didominasi rute Jakarta, disusul Balikpapan, Denpasar dan Bali. Sementara penerbangan internasional didominasi ke Singapura dan Malaysia.

Salah satu penumpang Mulyono mengatakan, dirinya berangkat dari Balikpapan dan memang dalam agenda libur pulang kampung ke Kebumen, Jawa Tengah menggunakan pesawat. “Lebih efektif dan cepat. Saya juga sudah pesan tiket jauh-jauh hari untuk mengantisipasi kenaikan harga tiket pesawat,” ucapnya. (tom/din)

Kulonprogo