RADAR JOGJA –  Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) DIJ dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo kembali menggencarkan vaksinasi dengan target sasaran kelompok usia rentan. Vaksinasi kali ini dipusatkan di Balai Kalurahan Temon Wetan, Kapanewon Temon dan Pedukuhan Bibis, Kalurahan Hargowilis, Kapanewon Kokap. Target sasaran mencapai 700 suntikan per hari.

Koordinator Vaksinasi Kulonprogo Binda DIJ Wury Atmaja mengatakan Kementerian Kesehatan telah memberi peringatan atas lonjakan kasus harian Covid-19 di beberapa Provinsi di Indonesia. Pemicunya yakni varian baru Subvarian BA.4 dan BA. 5. Karakter penularannya lebih cepat dan tinggi dibanding varian sebelumnya.

“Kami menginginkan masyarakat DIJ khususnya Kulonprogo dapat terlindung dari paparan virus Covid-19 Subvarian BA.4 dan BA.5. Vaksinasi adalah salah satu cara yang efektif dan efisien untuk membentengi masyarakat dari paparan virus yang lonjakannya diperkirakan akan terjadi pada bulan Juli 2022 mendatang,” jelasnya, Senin (27/6).

Dijelaskan vaksin yang diberikan meliputi vaksin dosis primer, lanjutan, dan booster. Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tidak perlu takut atau ragu. Sehingga segera mendatangi sentra vaksin yang telah disediakan oleh BIN, Dinkes, maupun TNI/Polri.

“Yang sudah mendapatkan vaksin primer (Dosis I dan II) segera lengkapi vaksin booster, jagalah kesehatan pribadi dan keluarga dari paparan Subvarian BA.4 dan BA.5 dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dimanapun berada,” katanya. (tom/dwi)

Kulonprogo