RADAR JOGJA – Kecelakaan maut mengakibatkan satu korban meninggal dunia terjadi di Jalan Nagung – Brosot, tepatnya di Pedukuhan Sungapan, Kalurahan Tirtorahayu, Kapanewon Galur, kemarin (9/5).

Kanit Laka Lantas Polres Kulonprogo Ipda Satya Kurnia menjelaskan, insiden di Nagung ini menambah daftar panjang kasus kecelakaan lalu lintas (laka lantas) selama musim mudik Lebaran 2022. Pihaknya mencatat ada 33 kasus, enam korban meninggal dunia dan 64 korban luka ringan.”Jumlah kasus itu kami hitung sejak 29 April 2022 hingga kemarin (9/5). Jenis kendaraan yang paling banyak terlibat Laka Lantas yakni sepeda motor sebanyak 41 unit, minibus 10 unit, truk 2 unit dan sepeda 1 unit,” jelasnya.

Dijelaskan, kecelakaan di Nagung bermula ketika sepeda motor Honda Vario AB 3979 DM yang dikendarai korban, Agung Setiawan, 34, warga Wareng, RT 002 RW 020, Kalurahan/Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta melaju dengan kecepatan tinggi dari arah timur.

Sampai di lokasi kejadian, korban hendak mendahului kendaraan di depannya. Karena kehilangan jarak aman sepeda motor yang dikendarai menabrak mobil Toyota Avanza AA 1404 HJ yang dikemudikan Parman, warga Kebumen, Jawa Tengah.”Pengendara sepeda motor meninggal di tempat, korban mengalami pendarahan telinga dan hidung, robek bibir atas bawah, patah tulang kaki kanan dan kiri, cedera kepala berat ( CKB ), dan meninggal dunia di tempat,” katanya.

Kanit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Polres Kulonprogo Ipda M Tauchid menambahkan, berbagai upaya preemtif sudah dilakukan untuk menekan angka laka lantas di wilayah hukum Polres Kulonprogo. Baik himbauan kepada pengguna jalan, pendidikan masyarakat (dikmas) lantas di sekolah serta sosialisasi ke komunitas motor. “Upaya preventif kami lakukan dengan patroli di titik-titik yang dinilai rawan kecelakaan, melakukan commander wish (CW) pagi di simpang-simpang jalan dan pengaturan lalu lintas pada pagi dan sore hari. Penegakkan hukum juga dilakukan kepada pelanggar tidak taat aturan dan berpotensi menimbulkan fatalitas kecelakaan,” katanya. (tom/din)

Kulonprogo