RADAR JOGJA – Sebanyak 357 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun formasi 2019 di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo resmi dilantik sebagai Pegawai Negeri Sipil(PNS), pada Rabu (2/2) Rabu. Pegawai yang telah dilantik dan dilakukan sumpah jabatan tersebut meliputi tenaga pendidik, tenaga kesehatan, tenaga fungsional, serta lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Selain CPNS dalam kegiatan yang sama juga dilakukan pelantikan pejabat struktural.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kulonprogo Sudarmanto mengatakan, adapun rincian pegawai yang dilantik diantaranya 197 tenaga pendidik, 48 tenaga kesehatan, tenaga fungsional selain pendidik dan kesehatan 18 orang, tenaga fungsional umum 94 orang. Serta CPNS dari lulusan IPDN sebanyak dua orang dan yang belum mengucapkan sumpah sebanyak tiga orang. Kemudian juga dilakukan pelantik pejabat struktural sebanyak 18 orang, terdiri dari jabatan pimpinan tinggi pratama satu orang, jabatan administrator delapan orang, jabatan pengawas enam orang dan kepala sekolah tiga orang.

Pelaksanaan pengambilan sumpah PNS sekaligus pejabat struktural itu dilakukan secara langsung serta daring dengan zoom meeting. Untuk pengambilan sumpah secara daring dilakukan di tujuh lokasi terpisah, meliputi Aula Adikarto, Ruang Rapat Sermo, Bale Agung, Aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Aula RSUD Wates, Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Aula Dinas Pertanian

Dikatakan Sudarmanto, ratusan CPNS tersebut resmi diangkat sebagai PNS lantaran sudah memenuhi prosedur serta berbagai tahapan. Diantaranya telah mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar CPNS yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri serta tes kesehatan yang dilakukan di RSUD Wates beberapa waktu lalu. “Untuk pejabat struktural yang dilantik pada hari ini diantaranya Trenggono Trimulyo menjabat Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan, Armansyah Gatot Subroto sebagai Sekretaris Dinas Perhubungan, Santoso sebagai Sekretaris Dinas Kelautan Dan Perikanan, Setiawan Tri Widada sebagai Panewu Wates dan Jumarna sebagai Panewu Panjatan,” ujar Sudarmanto, Rabu (2/2).

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Sutedjo berharap agar pegawai yang telah dilantik bisa menjunjung tinggi kehormatan negara dan pemerintah. Serta harus bisa lebih menjunjung tinggi kepentingan masyarakat dibandingkan kepentingan pribadi. Menurutnya, seorang PNS juga harus bekerja dengan jujur, tertib, cermat, dan bersemangat untuk kepentingan rakyat serta negara.“Jika tidak mau terikat maka jangan menjadi seorang pegawai. ASN adalah aparatur sipil negara yang merupakan bagian dari negara untuk melayani dan memperjuangkan kebutuhan organisasi besar yakni negara,” ucap Sutedjo. (inu/pra)

Kulonprogo