RADAR JOGJA – Dua pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang baru bebas dari rumah tahanan (rutan) Magelang, harus kembali berurusan dengan polisi Kulonprogo. Pasalnya, dua pelaku bernama Handoko, 38, dan Mujiono, 44, sempat melakukan aksi serupa di wilayah Kalibawang pada 2020.

Kasi Humas Polres Kulonprogo Iptu I Nengah Jeffry mengatakan, keduanya merupakan warga asal Temanggung yang berdomisili di wilayah Magelang, Jawa Tengah. Mereka diketahui mencuri satu unit Honda Supra 125 bernomor AB 6998 L yang terparkir di pinggir selokan. Berada di Padukuhan Klepu, Banjararum, Kalibawang pada 6 Agustus 2020.

Keduanya, lanjutnya, diketahui melakukan aksi pencurian dengan menggunakan kunci palsu untuk membobol kontak kendaraan. Namun setelah diselidiki melalui rekaman kamera pengawas, dua tersangka berada di rutan Magelang. “Karena kasus kejahatan lain, dan bebas pada Minggu (23/1),” bebernya kemarin (24/1).

Saat ini, Handoko dan Mujiono diamankan di Polsek Kalibawang. “Mereka terbukti melanggar pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan,” tegas Jeffry.

Jeffry menambahkan, kasus curanmor juga terjadi di wilayah Sentolo pada Minggu. Tepatnya di halaman Masjid Al-Falaah Padukuhan Kaliwiru Kalurahan Tuksono pada Minggu (23/1) sekitar pukul dua belas siang. Namun saat ini, tersangka yang terekam CCTV masih dilakukan penyelidikan.

Korban dari kejadian tersebut, lanjutnya, bernama Sumidi, 47, warga Kaliwiru. Korban diketahui kehilangan satu unit sepeda motor Honda Vario 150 bernomor AB 6954 QL saat tengah menjalankan ibadah salat zuhur di masjid tersebut. Namun diketahui, korban meninggalkan kunci sepeda motor di dashboard. Karena merasa motornya hilang, Sumidi kemudian mengecek CCTV masjid dan melihat sepeda motor miliknya telah hilang diambil oleh seseorang.

Dengan ciri-ciri laki-laki memakai jaket warna gelap yang ada tutup kepalanya, bermasker warna putih serta mengenakan kain sarung. “Atas kejadian ini korban mengalami kerugian kurang lebih Rp 15 juta. Untuk kasus tersebut kini tengah diselidiki oleh petugas Polsek Sentolo,” katanya. (inu/eno)

Kulonprogo