RADAR JOGJA – Sarana dan prasarana bagi siswa di SMAN 1 Wates kini semakin lengkap. Pasalnya, sekolah di Kapanewon Wates itu, tengah membangun fasilitas gedung parkir tiga lantai. Pembangunan diinisiasi oleh alumni, dan peletakan batu pertama dilakukan pada Sabtu (8/1).

Kepala SMA Negeri 1 Wates Aris Suwasono mengatakan, pembangunan gedung parkir tersebut diinisiasi oleh ikatan alumni (IKA) SMAN 1 Wates dibantu komite sekolah, serta orang tua siswa. Menghabiskan anggaran sebesar Rp 5 miliar.

Lantai tertinggi gedung, rencananya akan difungsikan sebagai gedung pertemuan. Sementara untuk dua lantai di bawahnya akan digunakan sebagaimana fungsinya, yakni parkir. “Diharapkan (pembangunan, Red) dapat berjalan lancar,” kata Aris.

Ketua IKA SMAN 1 Wates Hasto Wardoyo menyampaikan, proses pembangunan gedung dilakukan secara gotong royong melibatkan lintas alumni. Menurutnya, keberadaan alumni yang masih solid merupakan satu modal penting pembangunan gedung parkir serta ruang pertemuan terwujud.

Di tengah bertambahnya jumlah siswa, tentu akan berpengaruh terhadap kebutuhan fasilitas parkir kendaraan bagi siswa maupun guru. Hal itu pula yang menjadi dasar bagi para alumni untuk menginisiasi pembangunan gedung parkir serta pertemuan di sekolah tersebut. “Selain itu kami juga ingin memberikan contoh gotong-royong kepada sekolah, salah satunya dengan mewujudkan gedung parkir dan ruang pertemuan ini,” beber Hasto.

Sementara itu, Bupati Kulonprogo Sutedjo mengapresiasi semangat dan upaya keluarga besar SMAN 1 Wates untuk terus mengembangkan lembaga pendidikan tersebut sebagai sekolah yang berkualitas. Tidak hanya dari sisi akademisnya saja, namun juga bangunan fisik gedungnya. “Jika gedung parkir tiga lantai ini sudah berdiri, SMAN 1 Wates akan jauh lebih megah lagi,” ujar Sutedjo. (inu/eno)

Kulonprogo