RADAR JOGJA – Guna mendukung tingkat ketahanan pangan masyarakat, Polres Kulonprogo melakukan gerakan tanam sayuran (GETAR). Untuk titik penanamannya berada beberapa lahan kecil yang berada di sekitar Mapolres Kulonprogo.

Kapolres Kulonprogo AKBP Muharomah Fajarini menyatakan, ada berbagai jenis sayuran yang ditanam. Mulai dari seledri, terong, tomat, sawi berbagai jenis sayuran lainnya. Tanaman-tanaman tersebut ditahan pada lahan yang berada di depan Satpas Polres Kulonprogo.

Dikatakan Fajarini, adanya program GETAR tersebut merupakan salah satu upaya dari pihaknya untuk mendukung ketahanan pangan bagi anggota Polres Kulonprogo. Serta harapannya juga menjadi contoh bagi masyarakat ketika datang ke Satpas Polres Kulonprogo guna mengurus berbagai keperluan.”Setelah masyarakat melihat ketika mengurus SIM misalnya, harapannya mereka kemudian tergerak untuk memanfaatkan lahan yang masih kosong di rumahnya untuk ditanami tanaman yang memiliki manfaat seperti sayuran,” ujar Fajarini, Senin (1/11).

Ia menjelaskan, program Getar sendiri sejatinya sudah resmi diluncurkan sejak Minggu (31/1) kemarin. Untuk awalnya akan digelorakan di Mapolres Kulonprogo, kemudian apabila gerakan tersebut lancar maka akan dilanjutkan pada tingkat Polsek.

Fajarini pun menghimbau, apabila masyarakat memiliki lahan yang lenggang maka diharapkan untuk bisa dimanfaatkan untuk menanam berbagai sayuran. Sehingga harapannya masyarakat bisa memanfaatkan hasil panennya untuk mencukupi kebutuhan konsumsi bagi keluarganya secara mandiri.

“Kami berharap ini bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat,” tutur Kapolres.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Kulonprogo Iptu I Nengah Jeffry menyampaikan, bagi masyarakat yang memiliki lahan sempit bisa disiasati dengan menggunakan polibag. Cara tersebut, menurutnya cukup praktis dan efisien untuk menanam sayur pada lahan yang tidak terlalu luas.

“Polibag memang lebih praktis untuk lahan yang tidak terlalu luas, sehingga dapat memaksimalkan lahan sempit untuk dimanfaatkan menanam sayuran,” ujar Jeffry. (inu/pra)

Kulonprogo