RADAR JOGJA – Sebuah batu besar menghalangi ruas jalan menuju obyek wisata Goa Gajah di Padukuhan Teganing 2, Kalurahan Hargotirto, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Diduga batu tersebut longsor akibat hujan deras yang terjadi pada Minggu (31/10).

Kapolsek Kokap AKP Sujarwo mengatakan, penyebab jatuhnya batu sebesar rumah itu diduga karena hujan deras yang terjadi pada kemarin malam. Sehingga mengakibatkan tanah penahan batu tersebut longsor dan membuat batu menggelinding jatuh menutupi jalan.

Akibatnya, kendaraan roda dua maupun roda empat tidak bisa melintas di jalan tersebut. Padahal ruas jalan di Kapanewon Kokap itu merupakan penghubung obyek vital Borobudur di Magelang dengan Yogyakarta International Airport (YIA) di Temon. “Sudah dilakukan pengondisian untuk mengamankan jalur tersebut,” ujar Sujarwo saat dikonfirmasi, Minggu(31/10).

Sementara keterangan dari warga sekitar, Sumarto menyatakan bahwa jalur menuju obyek wisata Goa Gajah itu memang tergolong cukup vital dan sering dilintasi berbagai kendaraan. Ia mengetahui batu besar tersebut sudah menutupi jalan sekitar pukul 07.00 saat ia hendak melintas di jalan tersebut.

Sumarto berharap agar batu besar tersebut bisa segera dipindahkan supaya tidak menutupi jalan. Pasalnya, warga terpaksa harus memutar cukup jauh apabila tidak melewati ruas jalan yang berada di Kalurahan Hargotirto itu.”Karena kalau tidak melewati jalan itu tentu harus memutar lebih jauh,” terangnya. (inu/pra)

Kulonprogo