RADAR JOGJA – Sebagai salah satu upaya mendukung percepatan herd immunity di wilayah Jogjakarta. Daihatsu Jogjakarta bekerjasama dengan Pemda DIJ menggelar vaksinasi Covid-19 dengan total sasaran sebanyak 6.000 orang. Salah wilayah sasarannya berada di Kapanewon Galur, Kabupaten Kulonprogo.

Domestic Marketing Division Head PT. Astra Daihatsu Motor, Rudy Ardiman mengatakan kegiatan vaksinasi diperuntukkan bagi masyarakat umum. Khususnya pegiat wisata, pelaku UMKM, pelajar, pegiat kreatif seni dan budaya serta komunitas.

Ia menyampaikan bahwa dengan kegiatan vaksinasi keliling yang langsung datang ke masyarakat tersebut, harapannya herd immunity di wilayah Jogjakarta bisa segera terbentuk. Sehingga mampu mempercepat pemulihan perekonomian dan masyarakat bisa kembali produktif seperti sedia kala.

“Partisipasi serta animo masyarakat yang tinggi dengan kehadiran giat yang bertajuk Vaksinasi Sedulur Daihatsu Jogjakarta 2021 ini, membuktikan bahwa konsep vaksinasi keliling yang mendekatkan diri kepada masyarakat sangat bagus,” ujar Rudy dalam keterangannya, Jumat (15/10).

Diketahui, Pelaksanaan vaksinasi Sedulur Daihatsu Jogjakarta 2021 merupakan pemberian vaksin dosis ke-2. Sudah mulai dijalankan pada 9 Oktober 2021 di Kawasan wisata Kampung Batik Giriloyo, Kalurahan Wukirsari Kapanewon Imogiri Bantul.

Berlanjut di Kabupaten Kulonprogo pada Kamis, 14 Oktober 2021 berlokasi di Balai Desa Karangwaru, Boro II Galur Kulonprogo. Sasaran selanjutnya adalah sejumlah wilayah di Kabupaten Sleman dan Kabupaten Gunungkidul.

Namun meski animo masyarakat tinggi, panitia telah menyiapkan beberapa prosedur yang harus dilakukan peserta. Sebelum masuk ke area preregistrasi peserta wajib cek suhu dan cuci tangan, peserta akan diminta menunjukkan QR Code dan Kartu Vaksin Dosis-1 untuk masuk ke area registrasi sesuai arahan dari petugas. Kemudian peserta vaksin menuju meja registrasi, dan peserta harus menyerahkan data yang telah di berikan di bagian pre-registrasi.

“Giat vaksinasi menerapkan protokol kesehatan ketat sesuai anjuran dan arahan pemerintah dengan melibatkan seluruh stakeholder seperti TNI, Polri, Pemerintah Kabupaten serta dibantu oleh relawan,” imbuh Rudy.

Sementara Wakil Gubernur DIJ yang juga bertugas sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIJ KGPAA Pakualam X mengapresiasi peran swasta dalam percepatan vaksinasi di wilayah Jogjakarta.

“Saya mengapresiasi pihak swasta ikut program vaksin, karena mereka juga memiliki CSR untuk mendukung percepatan vaksinasi ini,” ungkap Pakualam. (inu/dwi)

Kulonprogo