RADAR JOGJA – Upaya mendongkrak percepatan vaksinasi Covid-19 bisa dilakukan dengan cara. Salah satu yang unik adalah di Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo. Di wilayah tersebut pemerintah desa setempat menggelar vaksinasi unik berhadiah paket sayur dan buah-buahan.

IWAN NURWANTO, KULONPROGO, Radar Jogja

Raut gembira terlihat jelas di wajah warga Kapanewon Samigaluh. Terutama kalangan ibu-ibu. Tak hanya karena sudah divaksin. Tapi mereka juga tak perlu belanja usai divaksin, Selasa (5/10). Karena mendapatkan paket sayur dan buah.

Sayuran yang dibagikan dalam kegiatan vaksinasi tersebut juga merupakan hasil dari pembelian para petani lokal. Sehingga selain bisa mendukung program Germas, ia pun berharap agar para petani buah dan sayar di wilayah Samigaluh juga dapat terdongkrak ekonominya.

Salah satu peserta vaksinasi Suminah,30 mengaku kegiatan vaksinasi berhadiah paket sayuran tersebut memang tergolong unik. Karena selain bisa mendukung masyarakat bebas dari paparan virus, dengan adanya door prize juga menarik minat masyarakat untuk datang ke lokasi vaksin. Apalagi bisa mendapat sehat, dari suntikan vaksin dan makan sayur dan buah.

Suminah sendiri mendapat hadiah paket sayuran karena sebelumnya telah berhasil menjawab sebuah pertanyaan yang diajukan panitia. Rencananya, sayuran dari vaksinasi tersebut akan ia masak untuk keluarganya. “Sangat senang dengan kegiatan vaksinasi ini, karena selain mendapat kesehatan juga dapat hadiah sayuran,” ungkap warga Kokap ini.

Panewu Samigaluh Ridwan Usman mengatakan, kegiatan vaksinasi dengan hadiah berupa sayuran tersebut digelar sebagai salah satu upaya untuk menarik minat masyarakat dalam program vaksinasi. Berbagai paket sayuran seperti kol, terong, kacang panjang, cabai, pisang dan sebagainya itu dibagikan dalam bentuk door prize kepada peserta vaksinasi.

Dikatakan, konsep kegiatan vaksinasi dengan membagikan sayuran tersebut digelar sebagai salah satu cara mendukung program pemerintah Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan menekan angka stunting di wilayah tersebut. Sayur mayur dengan jumlah total 300 paket itu dibagikan kepada peserta vaksinasi dengan kriteria tertentu. Seperti bisa menjawab pertanyaan dan sebagainya. “Selain untuk menarik minat masyarakat untuk ber-vaksin, kami gunakan pembagian paket sayur ini juga untuk kampanye Germas khususnya meningkatkan konsumsi buah dan sayur,” terang Ridwan.

Dalam kegiatan tersebut, Kapanewon Samigaluh juga dibantu berbagai unsur. Mulai dari TNI/Polri hingga Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan perusahaan milik daerah. Antusiasme masyarakat dalam program vaksinasi itu pun tergolong tinggi.”Meski antusias masyarakat untuk vaksinasi tinggi, kami tetap upayakan sesuai dengan protokol kesehatan,” imbuh Ridwan.(pra)

Kulonprogo