RADAR JOGJA – Bus Sugeng Rahayu jurusan Surabaya-Bandung mengalami kecelakaan di ruas jalan Wates-Purworejo, Temon, Kukonprogo, Jumat dini hari (24/9). Kecelakaan yang terjadi sekitar 03.00 WIB tersebut menyebabkan dua orang meninggal. Selain itu adapula 3 penumpang mengalami luka-luka.

Kepala Kantor Basarnas Jogjakarta, Lalu Wahyu Efendi menuturkan, kecelakaan terjadi saat bus melaju dari arah timur ke barat. Saat itu bus baru saja berangkat dari Jogjakarta menuju arah Bandung. Hingga akhirnya menabrak truk kontainer yang sedang terparkir di bahu jalan.

“Berdasarkan laporan dari PMI Kulonprogo ada korban terjepit dan membutuhkan penanganan khusus. Kronologi yang kami terima bus Sugeng Rahayu dari arah Jogja menuju ke Bandung menabrak truk kontener yang sedang berhenti di bahu jalan,” jelas Lalu Wahyu Efendi┬ádalam keterangan tertulis, Jumat (24/9).

Pasca mendapatkan laporan, Basarnas mengirimkan satu tim penyelamat. Evakuasi menggunakan peralatan ekstrikasi. Fungsinya untuk penanganan khusus korban terjepit.

Dua korban meninggal dunia, lanjutnya, terjepit badan bus. Proses evakuasi berjalan cukup lama. Setidaknya dari sekitar pukul 04.00 WIB hingga 06.00 WIB.

“Dua orang meninggal ini terdiri dari kernet dan penumpang bus. Seluruh korban di bawa ke RSUD Wates dan ke RS Rizky Amalia Temon,” kata Kepala Kantor Basarnas Jogjakarta, Lalu Wahyu Efendi. (dwi/sky)

Kulonprogo