RADAR JOGJA- Pemkab Kulonprogo terus melakukan inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), yang berlokasi di mal pelayanan publik (MPP).

Bupati Kulon Progo, Sutedjo menuturkan dengan diresmikannya ADM di MPP Kulon Progo tersebut, diberharap pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil semakin mudah dan cepat.

Dengan ADM ini pelayanan jadi lebih mudah. Tidak perlu repot-repot ke dinas maupun kapanewon, bisa langsung datang ke MPP Kulon Progo dan cetak sendiri.

“Sekarang sudah era digital sehingga masyarakat bisa akses layanan kependudukan dan pencatatan sipil melalui aplikasi dan dokumennya bisa dicetak mandiri,”ujarnya usai meresmikan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang berada di stand Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kulon Progo Selasa (21/9).

Sementara itu Kepala Disdukcapil Kulon Progo, Aspiyah mengatakan bahwa kehadiran ADM di MPP Kulon Progo merupakan bentuk layanan agar masyarakat semakin mudah mendapatkan akses.

Untuk saat ini, mesin ADM di MPP Kulon Progo mampu mencetak Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA). “Sebenarnya mesin ADM ini bisa mencetak KK, akte, KIA dan KTP. Namun untuk KTP masih dalam proses agar pencetakan kartunya lebih bagus lagi hasilnya,” ucap Aspiyah.

Kepala DPMPT Kulon Progo, Agung Kurniawan menyambut baik dengan adanya layanan ADM tersebut. “Ini layanan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dengan adanya layanan ADM ini MPP Kulon Progo semakin banyak memiliki layanan kepada masyarakat. Kami harap masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini dengan baik,” jelas Agung Kurniawan.

Dalam peresmian tersebut dilakukan simulasi pencetakan dokumen kependudukan KK, akte lahir dan Kartu Identitas Anak (KIA) oleh Galih Pitoyo warga Sentolo Kulon Progo.

“Tentu senang dengan adanya ADM ini. Semakin mudah untuk mencetak dokumen. Tidak perlu antri ke dinas, hanya perlu mendaftar di aplikasi kemudian bisa cetak sendiri,” katanya. (sky)

Kulonprogo