RADAR JOGJA – Gerombolan penipu dengan modus menjual berlian palsu dengan untung jutaan rupiah berhasil di tangkap Jajaran Polres Kulonprogo. Dari empat tersangka penipuan, tiga orang berhasil ditangkap saat tengah beraksi di Yogyakarta International Airport (YIA).

Kapolres Kulonprogo AKBP Muharomah Fajarini mengatakan, inisial ketiga pelaku yang berhasil ditangkap adalah DWN,30 pria asal Klaten, Jawa Tengah, AS,46 pria asal Klaten, Jawa Tengah, PUR,50 pria asal Kediri, Jawa Timur.

Sementara untuk yang masih buron berinisial RH,40 asal Jember, Jawa Timur.
Dikatakan Fajarini, dalam menjalankan aksinya tersebut keempat pelaku melakukan penipuan kepada Budi Wiyono,45 warga Kutai Timur, Kalimantan Timur yang merupakan salah seorang penumpang pesawat di YIA. Dari kejahatan tersebut korban berhasil ditipu sebanyak Rp 6,1 juta untuk membeli berlian palsu dari para pelaku.

“Para pelaku beraksi pada 25 Agustus 2021 dan berhasil ditangkap Jajaran Porles Kulonprogo dengan dibantu petugas keamanan bandara pada 9 September 2021,” ungkap Fajarini, pekan lalu (17/9).

Dalam menjalankan kejahatannya, lanjut Kapolres, keempat pelaku diketahui berbagi peran. Untuk pelaku PUR dan AS mereka mencari target di YIA serta melakukan pendekatan terlebih dahulu kepada korbannya ketika naik bus DAMRI menuju Terminal Giwangan. Setelah pelaku PUR dan AS berhasil mendekati korbannya di bus DAMRI, pelaku DWN kemudian menjemput kedua pelaku dan berpura-pura memberikan tumpangan kepada korban. Setelahnya, pelaku RH kemudian datang dan berpura-pura sebagai orang yang mencari tumpangan kepada para pelaku untuk menuju ke Solo, Jawa Tengah.

Di tengah perjalanan RH kemudian berlagak menawarkan berlian seharga Rp 60 juta kepada pelaku PUR yang berpura-pura sebagai pemilik toko perhiasan. Namun karena hanya membawa uang Rp 10 juta kemudian PUR meminjam uang kepada AS sebesar Rp 5 juta dan korban Budi Wiyono Rp 6,1 juta.

Pelaku pun berjanji akan mengembalikan uang yang telah dipinjamnya dua kali lipat. Agar korban yakin, pelaku juga memberikan sebagian berliannya kepada korban. Namun setelah di cek ternyata berlian yang diberikan kepada korban merupakan berlian palsu.”Para pelaku diketahui mendapatkan berlian palsu tersebut dari penjual di Pasar Klewer seharga Rp 25 ribu,” ungkap Fajarini.

Para pelaku kemudian berhasil ditangkap pada 9 September 2021 lalu, ketika Budi Wiyono melihat mereka kembali di YIA saat hendak pulang ke asalnya di Kalimantan Timur. Korban pun kemudian melaporkan keberadaan para pelaku kepada petugas keamanan bandara dan ditindaklanjuti penangkapan oleh petugas Polres Kulonprogo. Atas kejahatannya, ketiga pelaku dijerat Pasal 378 juncto Pasal 55 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara.

Sementara dari salah satu keterangan tersangka PUR, ia mengaku terpaksa melakukan kejahatan karena terhimpit masalah ekonomi. Pria yang berprofesi sebagai sopir travel tersebut mengaku kehilangan penghasilannya karena situasi pandemi Covid-19. Dia menyasar para pengguna bandara karrna menurutnya pengguna transportasi pesawat karena dirasa memiliki banyak uang. (inu/pra)

Kulonprogo