RADAR JOGJA- Capaian vaksinasi pelajar SMP di Kulonprogo telah mencapai 90 persen. Sehingga dengan raihan tersebut pemerintah setempat menyatakan siap untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo, Arif Prastowo menjelaskan, bahwa saat ini sudah hampir semua siswa pada jenjang SMP telah melakukan vaksinasi Covid-19. Dimana capaiannya vaksinasinya telah mencapai 90 persen begitu juga guru dan tenaga kependidikan.

Dengan raihan tersebut tentu kabupaten Kulonprogo telah siap menggelar PTM bagi jenjang SMP. Namun untuk pelaksanaannya,  dinas masih menunggu keputusan resmi dari gugus tugas.

“Untuk PTM kami sedang rapatkan dengan gugus tugas Covid-19 dan nanti akan kami lihat arahannya dari pak Bupati seperti apa,” ujar  Arif Prastowo saat dikonfirmasi, Rabu (15/9).

Sementara itu,  Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kulonprogo Fajar Gegana memastikan bahwa pembelajaran tatap muka (PTM) untuk jenjang SMP dapat dilaksanakan dalam waktu dekat. Saat ini pemerintah tengah menyusun standar operasional prosedur (SOP) pembelajaran tatap muka yang aman di tengah pandemi Covid-19.

Pria yang juga Wakil Bupati Kulonprogo itu menjelaskan, dasar pembentukan SOP-nya nanti akan mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri.  Namun kebijakan tersebut nantinya  hanya berlaku pada jenjang SMP, karena kabupaten hanya memiliki kewenangan pada jenjang SMP ke bawah. Kemudian untuk jenjang SMA sederajat akan dilakukan kajian oleh pemerintah provinsi.

Sementara terkait dengan kesiapan sekolah dan siswa, Fajar menyebut mayoritas siswa SMP telah menjalani vaksin dosis pertama. Sebagian besar sekolah pun juga telah menyiapkan sarana dan prasarana pencegahan virus dengan baik.

“Mayoritas orang tua siswa juga menyatakan setuju dan berharap agar PTM bisa digelar. Intinya kami sudah siap, namun untuk pelaksanaannya tentu akan kami lakukan secara bertahap,” ujar Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kulonprogo Fajar Gegana. (inu/sky)

Kulonprogo