RADAR JOGJA- Pembelajaran tatap muka (PTM) di Kulonprogo dipastikan akan segera terlaksana. Sebab instansi pemerintahan setempat sudah melakukan berbagai persiapan. Rencananya PTM di wilayah tersebut akan digelar serentak di seluruh sekolah pada jenjang SMP.

Sekertaris Dinas Pendidikan Kulonprogo, Eko Teguh Santoso mengatakan, PTM di Kulonprogo akan dilakukan secara serentak. Sehingga semua sekolah harus siap dengan berbagai prosedur dan sarana prasarana pembelajaran yang aman dari penularan virus Covid-19.

Terkait dengan persiapan PTM sendiri, pihaknya kini tengah melakukan persiapan nota dinas pelaksanaan PTM. Hasil final nota dinas tersebut nantinya akan diajukan kepada bupati guna menentukan keputusan pelaksanaannya.

“Kami tunggu jawaban dari bapak Bupati, apabila sudah keluar nanti akan ada surat keputusan dari kepala dinas pendidikan untuk PTM di Kulonprogo,” ujar Eko Teguh Santoso, saat dikonfirmasi, Kamis (16/9).

Eko memastikan untuk PTM di Kulonprogo sendiri dimungkinkan akan segera terlaksana. Sebab, hampir semua guru dan siswa telah menjalani vaksinasi dengan capaian 90 persen.

Setiap sekolah pun juga telah menyiapkan prosedur dan sarana prasarana pencegahan virus. Serta mayoritas orang tua siswa di Kulonprogo juga telah setuju agar PTM bisa dilaksanakan kembali.

Hal itu disebut telah memenuhi kriteria Instruksi Gubernur (Ingub) tentang pelaksanaan PTM. Dimana dalam instruksi itu mengharuskan 80 persen siswa dan guru harus sudah menjalani vaksin, bagi siswa pun juga harus mendapat ijin dari orang tua agar bisa melaksanakan PTM.

“Intinya (untuk pelaksanaan PTM) akan kami lakukan secepatnya. Dan besok tidak ada sekolah yang mana dipilih-pilih untuk PTM, semuanya serentak,” ujar¬† Sekertaris Dinas Pendidikan Kulonprogo, Eko Teguh Santoso.

Wakil Bupati Kulonprogo Fajar Gegana menuturkan bahwa pihaknya telah siap untuk melaksanakan PTM pada jenjang SMP. Standar Operasional Prosedur-nya (SOP) pun kini telah masuk pembahasan dengan mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri.

Sementara terkait dengan kesiapan sekolah dan siswa, Fajar menyebut mayoritas siswa SMP telah menjalani vaksin dosis pertama. Kemudian untuk kesiapan sekolahnya sebagian besar sekolah juga telah menyiapkan prosedur hingga sarana dan prasarana pencegahan virus dengan baik.

“Mayoritas orang tua siswa juga menyatakan setuju dan berharap agar PTM bisa digelar. Intinya kami sudah siap, namun untuk pelaksanaannya tentu akan kami lakukan secara bertahap,” ucap Fajar Gegana.¬†(inu/sky)

Kulonprogo