RADAR JOGJA- Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIJ bersama dengan Kejaksaan Negeri (Kulonprogo) menyalurkan bantuan sosial berupa bahan-bahan kebutuhan pokok seperti berupa beras, minyak, telur, gula dan kebutuhan harian lainnya, bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di kabupaten Kulonprogo. Bantuan diberikan kepada  Panti Anak Berkebutuhan Khusus Bakti Asih di Nanggulan dan Panti Lansia Santa Monika Boro Kalibawang.

Kepala Kejati DIJ, Tanti A. Manurung mengungkapkan, bantuan diberikan sebagai wujud kepedulian pihaknya bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Penyaluran bantuan tersebut juga merupakan rangkaian Hari Bhakti Adhyaksa. Kegiatan serupa sebelumnya juga sudah dilakukan di beberapa panti asuhan yang ada di Kota Jogja, Gunungkidul dan Sleman.

“Ini adalah bentuk kepedulian kami untuk sedikit berbagi meringankan masyarakat yang membutuhkan. Khususnya karena kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini,” ujar Tanti disela kegiatan, Senin (13/9).

Tanti menjelaskan, penyaluran bantuan tersebut memang menyasar para penghuni panti karena banyak panti asuhan maupun panti lansia. Sebab karena kondisi pandemi Covid-19 jumlah donatur banyak berkurang. Padahal keberlangsungan sebuah panti pasti menggantungkan uluran tangan donatur agar bisa bertahan.

“Selain panti-panti, sebelumnya kami juga sudah salurkan bantuan sembako kepada warga miskin, penggali kubur, hingga relawan Covid-19 melalui kantor kejaksaan di tiap daerah,” kata Kepala Kejati DIJ, Tanti A. Manurung.

Sementara salah satu penerima bantuan, Pengasuh Panti Asuhan Bakti Asih Hilarius Sudiyo mengucapakan terimakasih sebesar-besarnya dengan adanya bantuan tersebut. Ia mengaku bahwa bantuan tersebut tentu sangat bermanfaat bagi anak-anak panti. “Bantuan ini sangat bermanfaat, kami sangat berterima kasih,” kata Sudiyo. (inu/sky)

Kulonprogo