RADAR JOGJA- Kasus Covid-19 di kabupaten Kulonprogo terus mengalami penurunan seiring dengan pembatasan sosial dan gencarnya gerakan vaksinasi. Di September ini, gugus tugas setempat berupaya kembali menekan jumlah penambahan kasus dan kematian akibat virus tersebut.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati menyampaikan, di bulan Agustus kemarin kasus penambahan kasus dan kematian akibat Covid-19 tergolong mengalami penurunan signifkan. Rata-rata kasus di bulan Agustus kemarin hanya berkisar seratus hingga dibawah 100 kasus per harinya.

Kondisi tersebut berbeda dengan bulan Juli yang merupakan puncak kasus dengan rata-rata penambahan kasus hingga 200-300 kasus perhari. Bahkan pada bulan Juli kemarin total kasus bulanan mencapai 8.309 kasus positif.

“Pada bulan Agustus memang terjadi penurunan signifikan jika dibandingkan dengan bulan Juli, bahkan bisa mencapai separuhnya. Untuk bulan September ini kami upayakan supaya bisa turun lagi,” terang Baning saat dikonfirmasi, Minggu (5/9).

Selain menekan penambahan kasus positif, Sekertaris Dinas Kesehatan Kulonprogo itu mengungkapkan bahwa pihaknya juga berupaya menurunkan kasus kematian pasien isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Dari data gugus tugas, pada bulan Juli kemarin jumlah pasien isoman tercatat mencapai 5.000 kasus dengan 209 kasus kematian, 43 kasus diantaranya merupakan kematian saat menjalani isoman di rumah. Kemudian di bulan Agustus mengalami jumlahpasien isoman mengalami penurunan menjadi 800 kasus, dengan 18 kematian kasus saat isoman.

Baning menyatakan, adanya penurunan kasus kematian dan jumlah pasien isoman tersebut tidak lepas dari upaya pemerintah dalam menambah ketersedian kamar di rumah sakit rujukan serta diresmikannys tempat isolasi terpusat di Rusunawa Giripeni.

Dengan dua upaya tersebut, ia mengklaim pasien dengan gejala sedang hingga berat bisa tertangani dengan baik dan dapat menekan kasus kematian akibat Covid-19.

“Kami berharap untuk bulan ini perkembangannya (kasus Covid-19 di Kulonprogo bisa semakin membaik lagi,” uja Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati.

Terkait dengan perkembangan kasus Covid-19 di Kulonprogo sendiri, hingga Minggu (5/9) ada penambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 68 kasus. Dengan penambahan kasus tersebut total kasus positif di wilayah dengan sebutan Bumi Menoreh itu menjadi 21.449 kasus. (inu/sky)

Kulonprogo