RADAR JOGJA- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Kesehatan Budi Gunadi, Sabtu (21/8) meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 serta testing dan tracing di Taman Budaya Kulonprogo.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi menjelaskan di wilayah DIJ saat ini telah alami tren penurunan angka terkonfirmasi dan angka kematian akibat virus Covid-19.

Dirinya mengajak rekan wartawan untuk terus mensosialisasikan kesemua warga untuk tidak takut dalam melaporkan kondisinya bila alami gejala Covid-19. Jangan takut untuk melaporkan ke Puskesmas, dan ini bagian dari tracing atau lacaknya supaya bisa dites.

Menurutnya di DIJ sempat alami kondisi yang mengkhawatirkan akibat terlambatnya pasien masuk ke rumah sakit karena takut melaporkan. “Jadi takut ditesnya, atau malu ditesnya, saat masuk di rumah sakit sudah terlambat sehingga tidak tertolong,” ujarnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menuturkan bahwa kasus terkonfirmasi di Kabupaten Kulonprogo masih di atas 200, masih di level 4.

Oleh sebab itu menurutnya, dalam penangan harus dilakukan tracing kontak erat, dengan menghasilkan 6-8 orang yang berhubungan dengan pasien terkonfirmasi pertama.

Selain itu dirinya juga mengajak agar masyarakat yang terkonfirmasi untuk bersedia dirawat di isolasi terpusat (isoter) agar mudah dipantau oleh tenaga kesehatan.

Dengan adanya kesadaran dari masyarakat untuk mau bekerjasama agar status di Kabupaten Kulonprogo menurun menjadi level tiga, dua, bahkan satu.

“Untuk itu terhadap empat pilar TNI-POLRI, Pemprov dan Puskesmas harus bekerja keras untuk menghimbau kepada masyarakat untuk mau melaksanakan isoter,” pesannya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan sampai saat  Pemerintah terus melakukan evaluasi tentang pelaksanaan PPKM, kemudian diberikan assessment.

Lanjut Kapolri, saat ini ada beberap wilayah diberikan kelonggaran aktifitas masyarakat sehingga masyarakat dapat melakukan aktivitasnya sehari-hari.

“Ini tentu beresiko terjadinya interaksi, untuk itu kita minta di tengah kelonggaran situasi yang ada, masyarakat tetap melaksanakan prokes dengan kuat,” harapnya.

Sigit menambahkan vaksinasi salah satu hal yang akan ditingkatkan, tentunya kepada masyarakat diharapkan untuk dapat segera melaksanakan vaksin yang telah disediakan di gerai-gerai vaksin yang ada.

Sehingga masyarakat yang melakukan aktivitasnya terlindungi oleh vaksin. Bagi masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 dianjurkan untuk isolasi terpusat. “Kegiatan isolasi terpusat pengawasanya dan segi obatnya tentu jauh lebih baik,” tegasnya.

Kabidhumas Polda DIJ Kombes Pol Yuliyanto ¬†menjelaskan sasaran vaksin hari ini adalah pelajar dan masyarakat umum dengan menyiapkan 3100 dosis vaksin. “Yang disiapkan ada 3100 vaksin, namun kita menargetkan 2500 warga serta pelajar yang divaksin,” terangnya (sky)

Kulonprogo