RADAR JOGJA – Warga Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulonpogo digegerkan dengan penemuan tengkorak manusia dewasa yang terkubur di dalam pasir Pantai Malangan Asri, kemarinpagi (15/8). Dari identifikasi polisi diduga tengkorak manusia tersebut berasal dari mayat seorang perempuan.

Kasubag Humas Polres Kulonprogo Iptu I Nengah Jeffry mengungkapkan, awal penemuan tengkorak manusia tersebut berawal dari adanya laporan warga Panjatan, Kulonprogo bernama Muji Waluyo,45 yang saat itu memancing di Pantai Malangan Asri. Saksi mengaku melihat sebuah tengkorak manusia beserta beberapa setel pakaian terkubur di pasar sekitar pukul 07.30.

Oleh saksi penemuan tengkorak itu kemudian dilaporkan kepada petugas Polsek Panjatan dan diteruskan ke Satreskrim Polres Kulonprogo. Polisi kemudian melakukan identifikasi terkait dengan identitas tengkorak tersebut.

“Menindaklanjuti penemuan tengkorak manusia, telah dilakukan pemeriksaan awal oleh dokter RSUD dengan hasil bahwa tengkorak tersebut adalah tengkorak manusia. Tetapi belum dapat diketahui jenis kelamin dan waktu kapan meninggalnya. Saat ini ditangani DVI Rumkit bhayangkara,” terang Jeffry, Minggu (15/8).

Sementara dari identifikasi Jajaran Satreskrim Polres Kulonprogo, Kasatreskrim Polres Kulonprogo AKP Munarso menerangkan bahwa pihaknya menemukan beberapa barang bukti yang bersamaan dengan penemuan tengkorak tersebut. Diantaranya ikat rambut warna hitam, celama dalam perempuan serta celana panjang kain katun berwarna hijau gelap yang biasanya dipakai oleh perempuan.

Namun demikian, Munarso belum bisa memastikan apakah tengkorak tersebut memang berjenis kelamin perempuan atau bukan. Untuk saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kasus tersebut.

Petugas Polres Kulonrpogo saat ini juga tengah melakukan pengecekan arsip laporan terkait dengan pelaporan orang hilang selama beberapa minggu dan beberapa bulan kebelakang. Dimana hal itu juga sebagai upaya identifikasi terkait dengan identitas tengkorak tersebut.“Dengan barang-barang bukti yang ditemukan, maka diduga tengkorak manusia yang ditemukan adalah tengkorak manusia dengan jenis kelamin perempuan,” ujar Munarso dalam keterangannya. (inu/pra)

Kulonprogo