RADAR JOGJA- Wujud kepedulian  Kejaksaan Negeri (Kejaksaaan) Negeri Kulonprogo terhadap upaya masyarakat menghadapi pandemi Covid-19. Sebanyak tiga kalurahan dibantu dalam hal penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk keperluan pemakaman pasien terkonfirmasi positif.

Kepala Kejari Kulonprogo, Kristanti Yuni Purnawanti mengungkapkan, adapun tiga yang dibantu penyediaan APD tersebut diantaranya kalurahan Margosari, Pengasih dan Wates. Setiap kalurahan setidaknya mendapat 15 setel APD yang bisa dipakai sebanyak 10 kali.

Adanya pemberian APD tersebut, terang Yuni, sebagai tindak lanjut atas tingginya kasus kematian akibat Covid-19.

Sehingga harapannya bantuan yang diberikan bisa bermanfaat bagi gugus tugas tingkat kalurahan terhadap penanganan jenazah pasien terkonfirmasi positif.

“Dalam kondisi saat ini banyak sektor yang harus dibantu,” ungkap Yuni disela pemberian bantuan di Balai Desa Pengasih, Kamis (12/8).

Sementara Lurah Pengasih, Djoko Purwanto mengatakan, bahwa bantuan APD memang sangat diperlukan dalam kondisi seperti saat ini. Terlebih selama pandemi Covid-19 ini, Satgas Covid-19 Kalurahan Pengasih telah banyak menangani pemakaman entah itu pasien positif ataupun suspek.

Dikatakan Djoko, ada dua tim di kalurahannya yang menangani pemakaman jenazah pasien Covid-19. Masing-masing tim terdiri dari delapan orang. “Kami sangat berterimakasih dengan bantuan yang sudah diberikan Kejari Kulonprogo,” ucap Djoko. (inu/sky)

Kulonprogo