RADAR JOGJA- Guna mempercepat herd immunity atau kekebalan komunal bagi masyarakat, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kulonprogo memberikan 300 dosis vaksin kepada masyarakat Kulonprogo di RSUD Wates.

Ketua fraksi PKS, DPRD Kulon Progo Hamam Cahyadi mengatakan, kegiatan ini dilakukan berdasar pada aspirasi masyarakat tentang percepatan vaksinasi. Dimana partai politik hingga ormas juga didorong untuk aktif  terlibat.

Hal itu juga karena melihat keterbatasan pada tempat dan juga tenaga kesehatan pelayan vaksinasi. Selain itu masih rendahnya capaian vaksinasi di Kulonprogo dibanding kabupaten lain juga menjadi dasar PKS untuk membantu pelaksananaan vaksinasi masal.

Percepatan sangat perlu dilakukan, minimal 70 persen warga Kulonprogo harus semuanya telah divaksin.

“Partai Politik khususnya PKS siap mendukung. Alhamdulilah kami bisa bekerjasama dengan RSUD dan sebagainya dalam vaksinasi hari ini,” ujar Hamam kepada wartawan, Selasa (10/8).

Sementara itu Wakil Ketua DRPD DIJ Huda Tri Yudiana mengaku sangat mendukung program vaksinasi tersebut. Bahkan ia berharap agar pelaksanaanvaksinasi bisa digelar di tingkat kalurahan dan kapanewon.

Menurut Huda situasi PPKM saat ini memang sangat berdampak pada masyarakat kecil. Namun apabila semua masyarakat bisa tervaksinasi dengan baik, diharapkan kasus Covid-19 bisa menurun sehingga perekonomian bisa kembali pulih.

Bupati Kulon Progo Sutedjo mendukung dan membuka lebar kesempatan bagi pihak manapun yang ingin mendukung percepatan vaksinasi.

Harapannya herd imunnity di wilayahnya bisa segera tercapai. “Kami berharap pada akhir bulan September bisa mencapai angka ideal untuk yang sudah divaksin,” ujar Sutedjo. (inu/sky)

Kulonprogo