RADAR JOGJA – Rombongan wisatawan di Kulonprogo kehilangan barang berharga puluhan juta. Hal itu terjadi akibat kelalaian mengunci kendaraannya.

Kasubag Humas Polres Kulonprogo Iptu I Nengah Jeffry menyampaikan, peristiwa tersebut dialami oleh Desi Titik Nurhayati,36 warga Gedongtengen, Kota Jogja. Saat berkunjung di salah satu rumah makan yang beralamat di Jalan Wates Km.25, Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates pada Selasa pagi (15/6).

Awalnya, korban bersama dengan rombongannya hendak sarapan dan langsung menuju rumah makan. Pada saat itu, diduga korban lupa mengunci kendaraannya dan meninggalkan barang berharganya didalam mobil.
Namun seusai makan, lanjut Jeffry, korban dan rombongannya kaget karena mengetahui barang-barang yang ada didalam mobil sudah berserakan.

Beberapa barang berharga pun juga sudah hilang.
“Atas kejadian tersebut kemudian korban menghubungi Polsek Wates, dan melaporkan kejadian tersebut guna penanganan perkaranya,” ujar Jeffry, kemarin.

Menerima laporan tersebut, tim penyidik Polsek Wates kemudian melakukan olah kejadian tempat perkara. Dari hasil analisa petugas diduga korban lupa mengunci pintu mobil miliknya karena pintu mobil dalam keadaan utuh.

Sehingga memudahkan pencuri untuk mengambil barang-barang milik korban.
Jeffry menyatakan, atas kejadian itu korban mengaku kehilangan uang tunai sebesar Rp 4,5 juta, perhiasan senilai Rp 38 juta, dua tas wanita senilai Rp 2 juta dan ransel berisi baju make up dan sepatu. “Kerugian materiil kurang lebih sebesar Rp. 44,9 juta,” ungkapnya.

Saat ini polisi tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut dengan memeriksa saksi-saksi serta melihat rekaman kamera pengawas di sekitar lokasi kejadian. Dengan kejadian tersebut, Jeffry menghimbau agar masyarakat selalu waspada dan berhati-hati ketika meninggalkan barang berharganya. (inu/bah)

Kulonprogo