RADAR JOGJA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo, tetap buka selama libur lebaran nanti. Ada delapan objek wisata yang dikelola pemerintah kabupaten dan 23 destinasi wisata yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat pada libur Lebaran 2021  yang dibuka dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan akan tetap dijaga supaya tidak timbul klaster penularan.

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Joko Mursito mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan para pengelola wisata agar jangan lengah terhadap potensi penularan Covid-19. Koridor atau peraturan terkait dengan penerapan prokotol kesehatan pun dihimbau agar selalu diterapkan pada setiap destinasi wisata.

Joko menerangkan, total ada delapan destinasi wisata yang dikelola pemerintah dan 23 destinasi yang dikelola masyarakat. Pihaknya sudah melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana terkait pencegahan Covid-19. Dia memastikan bahwa semua destinasi tersebut sudah siap menyambut libur lebaran nanti.

“Intinya destinasi wisata di Kulonprogo sudah siap menghadapi libur lebaran ini. Tetapi kami tentu lebih ketat lagi dalam penerapan prokes-nya,” ujar Joko saat dikonfirmasi, Senin (10/5).

Kemudian apabila ada temuan wisatawan luar daerah yang berwisata ke Kulonprogo. Joko menyatakan para pengelola destinasi wisata juga akan melakukan screening berupa pengecekan surat bebas Covid-19. Yang dibuktikan dengan hasil rapid test atau swab antigen.

Namun apabila ada wisawatan luar daerah tidak mampu menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19. Dia menyatakan akan ada tindakan berupa putar balik atau permintaan untuk melakukan tes terhadap wisawatan.

“Kami pastikan para pengelola wisata di Kulonprogo akan menerapkan koridor penerapan protokol kesehatan yang berlaku,” tegasnya.

Sebelumnya, Pengelola Wisata Pasir Kadilangu, Suparyono memastikan bahwa destinasi wisata yang ia kelola akan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Seperti pengecekan suhu, pemakaian masker bagi wisatawan, wajib cuci tangan sebelum masuk destinasi hingga pemberlakuan jaga jarak.

“Untuk Pasir Kadilangu, kami selalu upayakan agar destinasi ini aman dan nyaman bagi pengunjung,” ujarnya. (inu/sky)

Kulonprogo