RADAR JOGJA- Seorang pemuda asal Kapanwon Pengasih, Kabupaten kulon progo bernama Azis Syafi’i Prabowo diamankan  Jajaran Satreskrim Polres Kulonprogo karena diduga melakukan penggelapan mobil pinjaman. Pelaku bahkan juga menggadaikan mobil tersebut untuk kebutuhan pribadinya.

Kasubag Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jeffry mengatakan, kasus penggelapan mobil tersebut menimpa korban bernama Muhammad Zulisnain,32 warga Kalurahan Ngestiharjo, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulonprogo. Adapun kronologinya bermula ketika korban memberikan kuasa mobil miliknya kepada saksi bernama Sulamtoro,57 pada awal 2021 lalu.

Kemudian pada 26 Februari 2021, mobil Toyota Calya bernokor AB 19444 VC dipinjam pelaku dengan alasan digunakan untuk taksi online. Namun oleh pelaku mobil tersebut justru digadaikan kepada orang lain.

Saksi baru mengetahui mobil yang dikuasakan kepadanya digadaikan setelah didatangi debt colector dari PT. Mandiri Finance yang pada saat itu akan melakukan penarikan terhadap mobil tersebut. Pelaku kemudian mengaku bahwa dia memang telah menggadaikan mobil milik Muhammad Zulisnain atas nama pelaku sendiri.

Atas penjelasan pelaku tersebut, saksi kemudian menceritakan kejadian penggelapan mobil itu kepada korban. Peristiwa tersebut pun akhirnya dilaporkan ke Polsek Wates  guna penanganan perkaranya.

“Untuk laporan masuk ke Polsek Wates pada hari Kamis 29 April 2021 kemarin,” ujarnya  Senin (3/ 5).

Berdasar laporan tersebut, lanjut Jeffry, jajaran polisi yang dipimpin Ipda Triyono selaku Panit I Unit Reskrim Polsek Wates kemudian melakukan penyelidikan terhadap keberadaan pelaku. Polisi meminta informasi dari keluarga dan rekan pelaku guna mengetahui keberadaannya.

Pelaku sendiri ditangkap di wilayah Desa Triharjo pada Minggu (2/ 5) setelah petugas melakukan pembuntutan. Pelaku kemudian diamankan dan dibawa ke Polsek Wates guna dimintai keterangan.

“Saat ini kami tengah melakukan penyelidikan terhadap kejahatan yang dilakukan pelaku,” katanya (inu/sky)

Kulonprogo