RADAR JOGJA- Larangan mudik lebaran tahun 2021 ini diakui berdampak pada penjualan tiket bus di Terminal B Wates Kabupaten Kulonprogo. Para agen tiket dan perusahaan otobus (PO) mengeluhkan sepinya pembeli.

Salah satu agen tiket bus PO. Sinar Jaya, Sidiq Nuradi,25 mengatakan sampai saat ini penjualan tiket bus diakuinya memang sangat sepi. Dalam sehari, dia mengaku cuma mampu menjual 2-5 tiket. Jumlah itu terbilang sangat sedikit untuk penjualan tiket.

Sidiq menjelaskan bahwa PO. Bus Sinar Jaya merupakan salah satu penyedia bus yang melayani perjalanan dari Jogjakarta menuju Jabodetabek dan Lampung. Pihaknya memiliki sembilan armada bus, namun hanya satu armada yang diaktifkan karena sepinya penumpang.

“Penumpang yang memanfaatkan jasa transportasi darat bus sampai saat ini memang sepi. Tentu saja penyebabnya karena kondisi pandemi Covid-19,” ujarnya kepada wartawan, Senin (3/ 5).

Kondisi yang sama juga dirasakan agen bus PO. Bhineka, Ma’aruf mengatakan bahwa hingga saat ini pihak belum sama sekali menerima penjualan tiket untuk tujuan manapun. Entah itu tiket untuk keberangkatan maupun kepulangan.

Menurut Ma’aruf, adanya aturan pengetatan mudik menjadi penyebab sepinya penjualan tiket. Dia berharap pemerintah bisa mengkaji kembali peraturan tersebut.

“Harapan kami ya mudik itu dibebaskan kembali, tapi mungkin prokes-nya yang lebih diperketat. Supaya penjualan tiket bisa normal kembali,” ujarnya.

Sementara Kepala Sub Terminal Wates Dinas Perhubungan DIJ, Yuniarti menyampaikan bahwa animo penumpang yang menggunakan transportasi bus terpantau masih landai. Berdasar dari hasil rekapitulasi jumlah penumpang periode 26 April – 2 Mei 2021, angka keberangkatan jurusan Jogjakarta – Purwokerto mencapai 178 penumpang.

Kemudian untuk untuk keberangkatan tujuan Jogjakarta – Jakarta/ Sumatera mencapai 1.694 penumpang. Lalu kedatangan dari Purwokerto – Yogyakarta mencapai 119 penumpang. Sementara jumlah kedatangan dari Jakarta – Jogja/Sumatera – Jogjakarta mencapai 1.406 penumpang.

“Semua agen bus sudah mewajibkan calon penumpang untuk menyertakan surat bebas Covid-19 untuk syarat perjalanan,” terangnya. (inu/sky)

Kulonprogo