RADAR JOGJA – Sebanyak 295 personil gabungan akan disiagakan dalam Operasi Ketupat 2021 di Kulonprogo. Selain itu, ada juga empat pos yang didirikan dalam operasi rutin pengamanan tradisi lebaran tersebut.

Kasubag Humas Polres Kulonprogo Iptu I Nengah Jeffry mengatakan, pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 sendiri berlangsung dari 6-17 Mei. Dalam operasi tersebut total ada 295 personil gabungan yang dilibatkan. Rinciannya, lanjut Jeffry, terdiri dari 184 personil Polri, 20 personil TNI, 10 personil Dinas Perhubungan, 10 personil Satpol PP, satu personil Jasa Raharja, 4 personil pemadam kebakaran, empat personil PMI, 15 personil Pramuka dan 10 personil Dinas Kesehatan. Serta 10 personil Orari, 10 personil Senkom, 15 personil Basarnas, dua personil PLN dan 10 personil Ormas.

Para personil tersebut bakan dibagi penempatan pada empat pos pengamanan (Pospam). Diantaranya Pospam Pasar Baru Sentolo sebanyak 33 personil dan Pospam perbatasan wilayah di Temon 60 personil. Serta Posyan yang melakukan pengawasan di tempat wisata, yakni Posyan Glagah lima personil dan Posyan Kalibiru empat personil. “Selain memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat saat Lebaran, dalam Ops Ketupat 2021 ini kami juga berfokus terhadap pengawasan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” terang Jeffry Minggu (2/ 5).

Sementara terkait pengawasan pada jalan-jalan di kabupaten, Kepala Dinas Perhubungan Kulonprogo L. Bowo Pristiyanto menyatakan ada sebanyak 35 personil Dishub yang siaga pada lebaran nantinya. Beberapa personil nantinya akan ikut berjaga di Pospam yang didirikan Polri.

Sementara sebagian personil lainnya, akan dibagi dalam beberapa tim untuk mengamankan penerangan jalan umum (PJU), lalu lintas dan perlengkapan jalan. Bowo menyatakan, ada beberapa titik yang menjadi perhatian Dishub Kulonprogo saat lebaran nanti.

Yakni akses utama pemudik dari arah barat di Temon yang merupakan perbatasan Purworejo-Kulonprogo. Serta di wilayah Kalibawang yang merupakan perbatasan Magelang-Jogjakarta di sisi utara. “Kami rencananya juga akan melakukan pengawasan di Girimulyo karena merupakan jalur tikus yang sering digunakan pemudik. Kalau pengawasan disana kami akan siapkan regu patroli,” ungkap Bowo. (inu/pra)

Kulonprogo