RADAR JOGJA- Kasus pencurian di tengah bulan Ramadhan kembali terjadi di Kulonprogo. Kali ini nenyasar kendaraan bermotor yang lalai diparkir oleh pemiliknya di wilayah Embung Tonogoro, Kalurahan Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo.

Kasubag Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jeffry menjelaskan peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (1/ 5) dengan korban bernama Rehan Rama Irvano,15 warga Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Satu unit sepeda motor Honda Genio warna merah bernopol AA 4938 IG milik korban hilang saat tengah diparkir.

Adapun kronologi kejadiannya, bermula ketika korban bersama beberapa teman lainnya selesai melaksanakan sahur On The Road (OTR) di wilayah Suroloyo. Korban bersama rombongannya kemudian memutuskan untuk mampir di Embung Tonogoro.

Sekitar pukul 05.30, korban kemudian sampai di embung dan memakirkan kendaraannya di wilayah tersebut. Kemudian sekitar pukul 06.00 saat hendak pulang korban mengetahui kendaraannya sudah hilang.

Diduga saat itu korban lupa mencabut kunci dan meninggalkan bersama dengan kendaraannya. Sehingga pelaku dengan mudah membawa kabur motor milik korban.

“Analisa dari petugas Polsek Kalibawang, diduga korban lalai meninggalkan kunci kontak dan masih tertancap pada sepeda motor. Sehingga pencuri dengan mudah membawa motor korban,” ujarnya, Minggu (2/ 5).

Terkait dengan kemungkinan pelaku, sampai saat ini pihaknya masih terus melakukan penyelidikan. Petugas juga telah memeriksa saksi-saksi dan mengecek kamera pengawas yang terpasang di sekitar lokasi kejadian.

Dengan adanya kejadian tersebut, Jeffry menghimbau agar masyarakat selalu waspada dan jangan meninggalkan kunci bersama kendaraannya. Pasalnya, kasus pencurian bisa saja terjadi karena ada kesempatan yang diakibatkan dari kelalaian pemilik kendaraan itu sendiri.

Dia pun berharap agar masyarakat selalu mengecek keamanan kendaraannya sebelum ditinggalkan. Bahkan bila diperlukan, pemilik kendaraan mungkin bisa memasang kunci ganda. Guna mencegah tindak pencurian yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

“Kami himbau masyarakat untuk selalu waspada dan jangan meninggalkan barang berharga sembarangan,” ujarnya. (inu/sky)

Kulonprogo